Kamis, 23 Mei 2013

Pangdam Minta Kondusivitas Bandung Harus Tetap Dijaga



Rabu, 22/05/2013 - 17:32

BANDUNG, (PRLM).- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja meminta kepada anggota TNI untuk membantu Pemerintah Daerah dan kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Terlebih di Kota Bandung sangat kompleks permasalahan yang dihadapinya sehingga membutuhkan kerjasama semua pihak.

Demikian disampaikan Pangdam saat membuka kegiatan Geladi Posko I Kodim 0618/BS di Makodim 0618/BS Jalan Bangka Bandung, Rabu (22/5/2013). Geladi Posko I Kodim 0618/BS akan berlangsung selama tiga hari (22-24 Mei 2013) diikuti oleh 74 orang terdiri dari para Perwira, Bintara dan Tamtama jajaran Kodim 0618/BS.

Menurut Dandim 0618/BS Letkol Inf Ujang Sudrajat, tema yang diusung dalam Geladi yaitu “Geladi Posko I Kodim 0618/BS Melaksanakan Tugas Perbantuan Kepada Polri di Wilayah Kota Bandung Dalam Rangka Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat”.

Lebih lanjut diungkapkan Pangdam, secara geografis Kodim 0618/BS yang berada di Kota Bandung sarat dengan kompleksitas permasalahan, di mana Kota Bandung sebagai Ibu Kota Propinsi Jawa Barat menjadi pusat kegiatan Pemerintahan, Politik, Ekonomi, Pendidikan, Pariwisata, dan Sosial Budaya, sehingga konsekuensinya kehidupan sosial Kota Bandung menjadi sangat dinamis dan kompleks.

Berbagai ragam kepentingan, gagasan dan idealisme dari seluruh lapisan masyarakat, menurut Pangdam sangat mewarnai dinamika Kota Bandung. “Kondisi seperti ini sangat memungkinkan terjadinya benturan antar kelompok masyarakat karena perbedaan kepentingan sampai dengan masalah terorisme yang tidak mustahil akan berdampak terhadap stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat,” katanya.

Mencermati perkembangan situasi keamanan di wilayah Kota Bandung pada saat ini, secara umum berada pada kondisi yang kondusif. Namun demikian, Pangdam mengingatkan agar situasi kondusif tersebut jangan membuat jajaran Kodim 0618/BS lengah, sehingga akan dimanfaatkan oleh para penyusup dan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menimbulkan suasana tidak kondusif di wilayah Kota
Bandung.

Pangdam mengharapkan sebagai Satuan Kewilayahan Kodim 0618/BS selalu meningkatkan intensitas komunikasi dan bersinergi dengan Satuan dan Instansi terkait lainnya, khususnya dengan Institusi Polri dalam bentuk selalu bertukar informasi, sehingga akan mempersempit ruang gerak elemen-elemen tertentu yang ingin mengacaukan situasi dan mendapatkan keuntungan bagi kepentingan kelompok mereka.

Kepala Perhubungan Kodam III/Siliwangi Kolonel Chb Muh. Natsir Abdullah, SH menjelaskan, Hubdam dalam kegiatan ini menyiapkan sarana komunikasi seperti komputer, jaringan internet, CCTV dan sebagainya. "Kita mempersiapkan segala kebutuhan komunikasi. Ada sekitar 70 alat komunikasi, termasuk jaringan internet, cctv dan pesawat telepon," kata Natsir. Sumber : www.pikiran-rakyat.com