Jumat, 31 Mei 2013

Pangdam Jaya Resmikan Kodim Baru di Kabupaten Bekasi



Kamis, 30 Mei 2013 16:13:53 WIB

BEKASI (Pos Kota) – “Bekasi merupakan salah satu wilayah penyangga Ibukota Negara yang memiliki peran cukup strategis dalam membantu menciptakan keseimbangan sosial. Secara Administratif, Bekasi memiliki luas wilayah 127.388 Ha dengan jumlah penduduk sekitar 2,5 juta jiwa serta terdiri dari 23 kecamatan dan 187 desa”.

Hal tersebut disampaikan Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI E.Hudawi Lubis dalam Peresmian Kodim 0509/ Kab. Bekasi, Kamis (30/05).

Keberadaan satuan Komando Kewilayahan yang sebelumnya hanyalah Kodim 0507/ Bekasi yang membawahi 18 Koramil dan tersebar di wilayah-wilayah kecamatan. Dihadapkan kepada luas cakupan wilayah Bekasi yang cukup luas berikut kemajuan dinamika masyarakatnya, maka dipandang penting perlunya pemekaran satuan kewilayahan. Merespon hal tersebut, maka Pimpinan TNI AD membentuk satu Kodim baru, sebagaimana yang tertuang pada  Peraturan Kasad/19/IV/2008 tanggal  8 April 2008.

Pembentukan Kodim baru yang disebut sebagai Kodim 0509/ Kab. Bekasi dibawah Korem 051/ Wijayakarta, bermarkas di Delta Mas Cikarang, yang berdampingan dengan kantor Bupati Bekasi dan Kejaksaan Negeri.

Setelah kehadiran Kodim yang baru ini, 18 koramil yang dulu dibawah kendali Kodim 0507/ Bekasi, kini sebanyak 13 diantaranya dialihkodalkan kepada Kodim 0509/ Kab. Bekasi. Kodim 0507/ Bekasi membawahi 5 Koramil, yaitu Koramil Kranji, Pondok Gede, Teluk Pucung, Jatiasih dan Bantar gebang.

Panglima Kodam Jaya memberikan penekanan pada Pejabat Baru Komandan Kodim 0509/Kab.Bekasi Letnan Kolonel Inf Zainul Bahar beserta jajarannya, guna menjadi pedoman dalam mengawali tugasnya, Segenap warga Kodim agar segera beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga dapat memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

Laksanakan pembinaan satuan seperti layaknya satuan-satuan lain, menyangkut intelijen, operasi, personil  dan logistik secara serius dan berkesinambungan. Jalin kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat, untuk membangun  kesadaran bernegara guna terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Sebelum mengakhiri amanatnya Pangdam Jaya meminta agar seluruh Personil Kodim 0509/Kab.Bekasi selalu Ciptakan sinergitas dengan Pemda dan instansi terkait, dalam rangka memberdayakan potensi wilayah dan menciptakan kondisi yang kondusif. Giatkan pelaksanaan Binter, agar keberadaan Kodim dapat membantu mengatasi permasalahan dan mempercepat pembangunan di wilayah.

Kegiatan dilanjutkan dengan syukuran serta ramah tamah yang juga menjadi ajang silaturrahmi bagi para unsur yang terkait demi menjaga persaudaraan dan hubungan kerjasama yang baik.

Turut hadir dalam kegiatan ini Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Inspektorat Kodam Jaya Kolonel Inf Syukran Hambali, Komandan Korem 051/WKT & 052/WKR, Asisten Kasdam Jaya, Kabalak Kodam Jaya, Ketua Persit KCK PD Jayadan pengurus serta Segenap Unsur Muspida Kab. Bekasi.