Jumat, 31 Mei 2013

Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Kalimantan, Pertamina Gandeng TNI AD



Thursday, 30 May 2013, 15:14 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK SABUK--Peningkatan kualitas hidup masyarakat daerah perbatasan dan terpencil perlu mendapatkan perhatian khusus. Sejauh ini, kedua daerah tersebut seperti tidak terjangkau kemajuan ekonomi yang dicapai Indonesia.

Ada tiga bagian utama peningkatan kualitas yang dimaksud untuk segera terpenuhi. Tiga hal tersebut meliputi masalah pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

PT. Pertamina (Persero) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen untuk turut andil dalam memperbaiki kualitas hidup masyarakat daerah perbatasan dan tertinggal. Komitmen itu diimplementasikan dalam Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Sejumlah bantuan telah diberikan melalui PKBL seperti bantuan pendidikan berupa beasiswa, peralatan sekolah, fasilitas pendidikan dan lainnya. Di bidang kesehatan, PKBL juga turut memberikan bantuan dengan menyediakan obat-obatan, fasilitas kesehatan dan operasi gratis.

Tepat, Sabtu (18/5) kemarin, Pertamina melalui PKBL kembali memberikan bantuan kepada daerah perbatasan, tepatnya Desa Lubuk Sabuk, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Dalam memberikan bantuannya, Pertamina berkerjasama dengan TNI Angkatan Darat.

Desa Lubuk Sabuk merupakan awalan dari kerjasama kedua institusi tersebut sebelum nantinya akan menjangkau daerah-daerah yang berada di wilayah 15 Komando Distrik Militer (Kodim) dan 20 Komando Resor Militer (Korem).

Dalam acara pemberian bantuan tersebut hadir  Direktur Utama PT. Pertamina (persero), Karen Agustiawan, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI, Edhie Pramono, jajaran pimpinan Pertamina dan TNI AD.

Adapun bantuan yang diberikan terdiri dari tiga hal yakni pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Untuk kesehatan, Pertamina membangun pos kesehatan dan alat kesehatan berupa ambulan di 15 wilayah Kodim. Bantuan lain yang diberikan operasi bibir sumbing, hernia, katarak dan pengobatan gratis di wilayah tersebut.

Untuk pendidikan, Pertamina menyediakan alat-alat Pendidikan Usia Dini (PAUD), buku-buku perpustakaan di 96 PAUD. Bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi, Pertamina menyiapkan beasiswa. Itu termasuk dana bantuan prestasi sepakbola di beberapa lokasi. Terkait lingkungan, Pertamina menggerakan penanaman  20 juta pohon sepanjang 2013 di 20 Korem.

Ke depan, Pertamina dan TNI AD berkomitmen untuk terus bekerjasama dalam pemberian bantuan kepada masyarakat di wilayah perbatasan dan terpencil. Bagi Pertamina, peran TNI dalam kerjasama ini sangat penting mengingat bantuan yang akan diberikan tepat sasaran kepada mereka yang membutuhkan