Kamis, 11 April 2013

Bekas Pangdam IV Diponegoro Resmi Dilepas



Rabu, 10 April 2013 | 08:10 WIB

TEMPO.CO, Semarang - Kodam IV Diponegoro hari ini, Rabu, 10 April 2013, pukul 09.00 WIB akan menggelar upacara pelepasan Penglima Kodam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Hardiono Saroso. Hardiono diganti oleh Panglima Kodam IV Diponegoro yang baru, Mayjen TNI Sunindyo. Hardiono yang akan menjadi Staf Khusus KSAD diganti setelah ada kasus penyerbuan yang dilakukan anggota TNI ke LP Sleman yang menewaskan empat tahanan.

Kepala Penerangan Daerah Militer IV Diponegoro Kolonel Infrantri Widodo Raharjo menyatakan upacara pelepasan yang digelar di serambi kehormatan Makodam IV/Diponegoro Watugong Semarang itu terbuka bagi para jurnalis.

"Bagi para jurnalis, kami persilakan datang ke acara tersebut," kata Widodo Raharjo, Rabu, 10 April 2013. Senin lalu sudah ada serah terima jabatan (sertijab) Panglima Kodam IV/Diponegoro yang lama, Mayor Jenderal TNI Hardiono Saroso, kepada Panglima Kodam yang baru, Mayor Jenderal TNI Sunindyo. Namun, serah terima jabatan itu dilakukan secara tertutup di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jakarta.

Widodo menyatakan meski sudah ada sertijab di Mabes TNI AD, tapi di Semarang juga akan digelar upacara pisah sambut. "Selalu ada tradisi pelepasan pangdam yang lama," kata Widodo. Pergantian jabatan ini diduga terkait dengan adanya penyerbuan yang dilakukan belasan anggota TNI ke penjara Cebongan, Sleman Sabtu 23 Maret lalu. Para penyerang menembak mati empat tahanan titipan Kepolisian Daerah Yogyakarta.