Jumat, 10 Mei 2013

Hasil Latgab TNI Memuaskan


Kutai Timur,   Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono, menyatakan senang karena latihan gabungan (Latgab) TNI 2013 di Sekerat, Kabupaten Kutai Timur, Kalmantan Timur (Kaltim), berjalan baik dan sesuai rencana. Latgab itu diselenggarakan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan operasi militer gabungan.

"Saya senang sebab sampai sekarang belum menerima laporan adanya kecelakaan. Mudah-mudahan tidak ada sampai selesai nanti," kata Panglima TNI seusai menyak­sikan langsung Latgab TNI, di Pantai Sekerat, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Kamis (9/5).

Menurut Panglima, latgab tingkat divisi sudah dimulai sejak 15 April di Pos Komando di Cilodong, Jakarta. Latih­an dilanjutkan dengan persiapan operasi, terdiri dari empat aksi pasukan dengan melibatkan 16.745 prajurit.

Tujuan latihan, tambah Agus, adalah meningkatkan dan menguji kemampuan prajurit dan satuan TNI dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan me­kanisme operasi gabungan secara tepat dan berhasil guna dalam rangka menghadapi kemungkinan kontinjensi yang diperkirakan akan terjadi.

"Sasaran umum Latgab TNI meliputi aspek strategi, ope­rasional, taktis, teknis dan prosedur, serta aspek psikologis," kata Laksamana Agus. (S- Ant/P-3), Sumber: Koran Jakarta (10 Mei 2013/Jumat, Hal. 03)