Kamis, 04 April 2013

Tiga Nama Berpeluang Jadi KSAD


Jakarta,     DPR memprediksi ada tiga nama jenderal bintang tiga TNI dinilai berpeluang menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan KSAD Jen­deral TNI Pramono Edhie Wibowo yang akan memasuki masa pensiun pada Mei 2013 nanti.

"Ada tiga nama yang berpeluang besar menjabat KSAD," kata anggota Komisi I DPR Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, di Jakarta, Rabu (3/4). Mereka adalah, Letjen TNI Moeldoko, Letjen TNI Gatot Nurmantyo, dan Letjen TNI M Munir.

"Moeldoko diketahui sebagai Jenderal akademisi ini seimbang dengan KSAL yang Doktor cumlaude dan KSAU yang juga orang pendidikan. Sedangkan Munir dan Gatot, keduanya lulusan terbaik dan memiliki peng­alaman yang mumpuni. Tapi semua kan tergantung pre­siden," katanya.

Letjen TNI Moeldoko saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad), Letjen TNI Gatot Nurmantyo (Komandan Kodiklat), dan Letjen TNI M Munir (Pang­lima Kostrad). Tiga nama lainnya yang berpangkat bin­tang tiga, yakni Letjen Budiman (Sekjen Kementerian Pertahanan), Letjen TNI Langgeng Sulistyono (Sekretaris Menko Polhukkam), dan Letjen TNI Andi Geerhan Lantara.

Mengenai tradisi Pangkostrad menjadi KSAD, kata politisi Partai Hanura ini, lebih karena faktor pengalam­an lapangan untuk hal-hal khusus, termasuk penangan­an pertahanan kedaulatan bangsa. Namun, dirinya berharap KSAD mendatang harus piawai menjadikan praju­rit memiliki kearifan lokal dan kemahiran komunikasi antarbudaya. (Feber s/Ant), Sumber Koran: Suara Karya (04 April 2013/Kamis, Hal. 03)