Rabu, 03 April 2013

HUT SESKO TNI: TNI Jangan Dikuasai Parpol



Bandung,     Panglima Tentara Nasional Indonesia Laksamana Agus Suhartono meminta agar jajaran TNI memegang teguh netralitas TNI dalam politik praktis, ter­utama saat memasuki tahun po­litik 2013 dan menjelang Pemilu 2014.

"Kami minta kepada jajaran Sesko TNI untuk memegang te­guh amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman yang me­nyatakan pelihara TNI, pelihara angkatan perang kita, jangan sampai TNI dikuasai oleh partai politik mana pun juga," kata Panglima TNI dalam amanat­nya yang dibacakan. Komandan Sesko TNI Marsekal Madya TNI Sunaryo, juga menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan hari jadi Sesko TNI ke-39, di Markas Sesko TNI Jalan Mar­tanegara Bandung, Senin (1/4).

Selain itu, Panglima dalam amanatnya meminta kepada prajurit agar berpedoman pada setiap butir pokok-pokok kebi­jakan Panglima TNI tahun 2013 dalam operasionalisasi tahun anggaran baru, secara konsisten dalam bertanggungjawab, khu­susnya kebijakan yang terkait substansi pembangunan ke­mampuan TNI.

Kemudian Panglima meng­harapkan agar Sesko TNI, me­lalui momentum ulang tahun lebih meningkatkan dan meng­embangkan kurikulum pen­didikan yang menjadi domain Sesko. TNI dengan mendefi­nisikan berbagai bentuk per­kembangan faktual ilmu penge­tahuan dan perkembangan stra­tegi militer kawasan.

"Pengetahuan konseptual yang ditemukan dalam perspek­tif merupakan hal penting guna pengembangan penalaran dan strategi militer nasional, khusus terkait pengembangan interoperability satuan jajaran TNI," katanya.

Bersamaan dengan peringat­an hari jadi Sesko TNI, dilak­sanakan juga penyematan tanda kehormatan Satyalencana Kese­tiaan 32 tahun, 24 tahun, 16 tahun dan 8 tahun serta Satya­lencana karya satya 20 tahun dan pelantikan kenaikan pangkat anggota Sesko TNI yang terdiri dari 9 Perwira, 14 Bintara, 2 Tamtama dan 18 PNS.

Sebagai ungkapan terima kasih, Sesko TNI melaksanakan acara syukuran di Gedung Serasan, yang diikuti oleh selu­ruh Organik, IKKT Cabang BS III Sesko TNI dan Perwakilan Pasis Dikreg XL Sesko TNI.

Dansesko TNI Sunaryo me­ngatakan kenaikan pangkat ini merupakan sebuah amanah. Untuk itu, akan lebih bermakna apabila amanah tersebut dapat diwujudkan melalui kreativitas dan kerja cerdas serta tetap menunjukkan dedikasi, loyalitas dan prestasi.

Selanjutnya setelah itu di­lakukan acara syukuran yang di­hadiri oleh seluruh pejabat Sesko TNI. (A-113), Sumber Koran: Pikiran Rakyat (3 April 2013/Rabu, Hal. 07)