Rabu, 03 April 2013

Kemhan Bangun Pusat Pertahanan Siber

Jakarta,     Kementerian Pertahanan membangun Pusat Pertahanan Siber atau Cyber Defence sebagai upaya menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah dari serangan pen­jahat dunia maya.

"Kami meminta saran ke Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk membangun Cyber Defence ini karena kementerian ini yang punya kapasitas membangun Cyber Security" kata Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, seusai bertemu Menkominfo, Tifatul Sembiring, di Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (2/4).

Pembangunan Cyber Defence ini, tambah Menhan, juga melibatkan tiga angkatan, yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. Kemenkominfo akan membantu tata kelola, infrastruktur, peralatan, dan sumber daya manusianya.

Purnomo mengatakan ancaman serius terhadap kedaul­atan melalui dunia maya memang belum tampak. Memang ada upaya ancaman yang selama ini terjadi, namun Purno­mo melihat itu belum dikategorikan sebagai ancaman per­tahanan negara.

Saat ini, Kemenkominfo sedang menyiapkan sebuah ba­dan bernama National Cyber Security untuk mengantisipasi ancaman para peretas. (nsf/N-1), Sumber: Koran Jakarta (3 April 2013/Rabu, Hal. 03)