Jumat, 15 Maret 2013

Susno Duadji: Memalukan TNI Menyerang Polri



Tribunnews.com - Kamis, 14 Maret 2013 20:26 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bekas Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri Komisaris Jenderal (Purn) Susno Duadji menilai penyerangan TNI dari Batalyon Armed 14/76 ke Mapolres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, adalah perkara memalukan.

"Saya kira kita tidak boleh juga menyalahkan salah satu. Pertama kejadian seperti itu sangat memalukan. Tidak boleh terjadi apapun alasannya," ujar Susno di Galeri Cafe, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Menurut Susno, tidak boleh kedua institusi tersebut berkomentar mengenai penyebab penyerangan tersebut karena didasari satu hal. Susno menegaskan, komandan pasukan tersebut harus bertanggung jawab apalagi pasukan TNI itu bertindak di jam kantor.

"Saya dengar alasan dari TNI pasti ada sebab penyebab. Tidak boleh. Kalau kita tanyakan pasti ada sebabnya kita membenarkan tindakan anak buah. Tidak boleh. Siapa yang harus ditindak bukan anak buahnya. Komandan yang salah. Siapa yang jadi komandan harus nyatakan 'saya bersalah'," ujar bekas Kapolda Jawa Barat itu

Menurut Susno, TNI dan Polri adalah institusi yang memiliki tugas melindungi rakyat.
Walau demikian, Susno mengatakan mempercayakan kepada tim gabungan investigasi penyebab penyerangan tersebut.

"Mari kita lihat, dengan adanya tim gabungan yang diturunkan ini akan melihat langsung ke bawah sejauh mana peran komandan ketika anak buah sudah berangkat dinas. Kita tidak boleh mendahului hasill tim gabungan," ujar Susno.