Rabu, 13 Maret 2013

Ramadhan: Pramono Edhie, Gita Wirjawan & Mahfud MD Pantas Jadi Ketum PD



Senin, 11/03/2013 11:32 WIB

Jakarta - Nama-nama calon ketua umum Partai Demokrat (PD), mulai bermunculan seiring kabar akan digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB). Bukan hanya dari internal PD, kalangan eksternal pun masuk bursa.

Wasekjen PD Ramadhan Pohan menyebut beberapa nama calon ketum. Dari internal, dia menyebut nama Marzuki Alie. Untuk kalangan eksternal, dia menyebut beberapa nama seperti dari KSAD Jenderal (TNI) Pramono Edhie Wibowo, Gita Wirjawan dan Mahfud MD.

"Kalau dari internal (calon ketumnya) Pak Marzuki Alie. Pak Anas sudah meninggalkan PD, mas Ibas sulit dengan posisinya. Kalau kita bicara kemampuan Marzuki Alie, tapi posisinya sebagai Ketua DPR menjadi kurang tepat," kata Wasekjen PD, Ramadhan Pohan, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/3/2013).

Ramadhan mengesampingkan nama Marzuki karena posisinya sebagai Ketua DPR. Dia lebih ingin yang mengisi posisi ketum PD adalah yang bisa fokus mengurus PD. Ramadhan mengedepankan nama Pramono Edhie dan Gita Wirjawan. "Saya inginnya Pramono Edhie Wibowo atau Gita Wirjawan. Orangnya muda, bersih, dan cukup konsen masalah kebangsaan," ujarnya.

Untuk Pramono Edhie, Ramadhan mengatakan Pramono telah memiliki kecakapan dan pengalaman memimpin organisasi besar. Namun Pramono terbentur pada posisinya sebagai KSAD.

"Pramono Edhie sepanjang masih KSAD memang nggak mungkin. Tapi kenapa dia tepat, karena PD saat ini membutuhkan pemimpin yang diharapkan sesuai keingnan rakyat, memiliki integritas, ketegasan dan komunikasi dengan rakyat jelata," ujarnya.

Namun Pramono Edhie dipandang memiliki hambatan karena merupakan tokoh eksternal partai. Ramadhan mengatakan PD terbuka dan tak mempermasalahkan hal tersebut.

"Cita rasa Demokratnya otomatis, apa pun yang terbaik bagi bangsa ini itu ideologinya Demokrat. Pramono juga komunikasi dengan siapapun begitu fasih berbicara, apalagi dengan kader, dengan elite," tuturnya.

Selain Pramono dan Gita, Ramadhan juga menyebut nama Mahfud MD. Namun ada nama Mendagri Gamawan Fauzi juga menurut Ramadhan pantas menjadi ketua umum PD. "Ada Mahfud MD, Gamawan Fauzi. Kita juga bisa berharap, kan beliau bebas transfer. Soal integritas, Pak Gita lebih menarik," imbuhnya. Sumber : www.detiknews.com