Senin, 04 Maret 2013

Peralatan Satgas Kizi TNI di Kongo di Inspeksi MONUSCO



Tribunnews.com - Jumat, 1 Maret 2013 09:03 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA--Tim Inspeksi COE (Contingent Owned Equipment) MONUSCO (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo), melakukan inspeksi terhadap keseluruhan peralatan dan perlengkapan yang dimiliki Satgas Kizi TNI Konga XX-J/Monusco. Satgas Kizi TNI Konga XX-J/Monusco masih melaksanakan tugas misi perdamaian PBB di Republik Demokratik Kongo.

Kedatangan tim inspeksi diterima langsung oleh Dansatgas Konga XX-J/Monusco Letkol Czi Irfan Siddiq beserta perwira staf di Bumi Nusantara Camp, selanjutnya menuju Aula Sudirman guna menerima paparan singkat dari Dansatgas. Pemeriksaan yang rutin dilaksanakan setiap triwulan ini, bertujuan untuk memeriksa kondisi dan kesiapan operasional seluruh peralatan serta perlengkapan yang digunakan selama misi di Kongo.

Keseluruhan peralatan dan perlengkapan tersebut harus sesuai dengan standar yang telah disepakati dalam MoU antara Pemerintah Republik Indonesia dengan PBB. "Selanjutnya hasil inspeksi COE ini, menjadi dasar pemberian reimbursment kepada Pemerintah Republik Indonesia," kata Perwira Penerangan Konga XX-J/MONUSCO, Lettu Laut (P) Dimas Apriyanto dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews.com, Jumat (1/3/2013).

Dalam pemeriksaan ini dibagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu pemeriksaan terhadap major equipment dan self-sustainment. Major Equipment meliputi kendaraan dan alat-alat berat Zeni. Sementara self-sustainment meliputi semua perlengkapan yang mendukung kegiatan sehari-hari diantaranya sarana tempat tinggal, dapur, alat komunikasi dan perlengkapan perorangan prajurit. "Inspeksi dilakukan di 2 (dua) tempat yakni di Base Camp Bumi Nusantara dan di lokasi-lokasi tempat prajurit bekerja dikarenakan saat ini Kontingen Garuda masih melaksanakan beberapa tugas-tugas zeni yang diberikan dari Brigade Ituri," lanjutnya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap masing-masing bagian, keseluruhan peralatan dan perlengkapan yang dimiliki Satgas Kizi TNI Konga XX-J mendapatkan kategori lulus sesuai dengan standar yang ditetapkan. Namun demikian, ada beberapa kekurangan yang masih dapat ditolerir mengingat kondisi peralatan yang memang sudah memasuki usia tua. Hal ini, mendapat perhatian khusus dari tim COE karena berkaitan dengan keselamatan kerja para prajurit di lapangan.

Tim COE memberikan beberapa saran diantaranya agar dilaksanakan disposal terhadap peralatan yang memiliki kondisi rusak berat dan segera melaksanakan perbaikan terhadap alat-alat yang rusak ringan untuk menunjang pekerjaan selama misi. Di akhir inspeksi, Mr. James Boima beserta rombongan menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI yang telah bekerja dengan baik dan profesional. Meskipun tidak sedikit peralatan yang dimiliki Kontingen Garuda telah melebihi batas usia pakai. Penulis: Wahyu Aji  |  Editor: Rachmat Hidayat