Jumat, 01 Maret 2013

Operasi Katarak Gratis Kodam Targetkan 2.000 Mata

Cimahi, Pikiran Rakyat (01-03-2013, Hal. 04)
Jajaran Kodam III/Siliwangi bekerja sama dengan PT Sidomuncul menargetkan pelayanan operasi katarak gratis bagi masyarakat tidak mampu bagi 2.000 mata pada tahun 2013. Kerja sama ini menjadi lanjutan program serupa tahun sebelum­nya demi mengentaskan penya­kit katarak pada masyarakat Jawa Barat dan Banten. Demikian yang terungkap pa­da konferensi pers "Bakti Sosial Dalam Rangka Gerakan Penang­gulangan Buta Katarak di In­donesia" di RS Dustira, Jin. Dus­tira, Kota Cimahi, Kamis (28/2).

"Tahun sebelumnya, peminat operasi katarak gratis ternyata membeludak. Oleh karena itu, tahun ini ditargetkan mencapai 2.000 mata di wilayah teritorial Kodam III/Siliwangi," ujar Aster Kodam III/Siliwangi Kolonel In­fanteri Rochadi, di lokasi. Pada Jumat (1/3), akan dige­lar pencanangan Gerakan Pe­nanggulangan Buta Katarak di Indonesia oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo di­dampingi Pangdam III/Sili­wangi Mayor Jenderal TNI Sonny Widjaya di RS Dustira.

Kegiatan operasi katarak ter­hadap 600 mata serempak dige­lar di RS Salak Denkensyah Bogor, RSUD Cibinong, RSUD Leuwiliang, RSUD Ciawi, UPT Puskesmas Parung dan Cigombong, RS Guntur Garut, RS Ciremai Cirebon, serta RS Kenca­na Serang. Selain operasi katarak gratis, juga dibuat iklan layanan ma­syarakat Gerakan Penanggulangan Buta Katarak di. Indonesia dengan melibatkan KSAD, Jenderal TNI Pramono Edhi Wibowo sebagai salah satu bintang iklan.   

Sementara itu, Direktur Uta­ma PT Sidomuncul Irwan Hi­dayat menyatakan, pada awal kegiatan pihaknya kesulitan mencari pasien. "Oleh karena itu, kami menggaet TNI untuk mensosialisasikan bahwa ope­rasi katarak itu aman," tuturnva. (A-158), Sumber: Koran Pikiran Rakyat