Senin, 11 Maret 2013

Kodam Bukit Barisan Terima Empat Panser

Medan,      Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan menerima em­pat kendaraan tempur tambah­an berupa panser Angkut Perso­nel Sedang Anoa-2 untuk mem­perkuat alat utama sistem sen­jata (Alutsista). Empat panser yang dibawa dari Jakarta dengan menggu­nakan kapal TNI-AD XLIV me­lalui Pelabuhan Belawan terse­but tiba di Makodam I/Bukit Barisan di Medan, Jumat (8/3).

Selain empat panser, Kodam I/Bukit Barisan juga menerima bantuan alutsista lain berupa satu kendaraan penarik truk, enam kendaraan penarik meri­am, satu ambulans, dan kendaraan pendukung. Pangdam l/Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk F Paulus mengatakan sejumlah alutsista yang diterima tersebut akan di­pergunakan untuk tugas opera­si militer perang dan operasi mi­liter non perang.

"Kesiapan tersebut sangat dibutuhkan agar Kodam I Bukit Barisan memiliki ketangguhan dalam menghadapi berbagai ke­mungkinan, terutama serangan dan invasi dari negara asing," kata Pangdam.

Kemungkinan adanya sera­ngan dan invasi selalu terbu­ka karena geografis Sumatera Utara yang sangat strategis dan berada di pinggiran Selat Mala­ka. Keberadaan berbagai alutsis­ta tambahan tersebut juga un­tuk memperkuat fungsi operasi militer non perang guna melindungi bangsa dan tumpah darah Indonesia.

Menurut Pangdam, dalam rencana strategis selanjutnya telah dianggarkan sejumlah pe­luru kendali (Rudal) yang akan dimanfaatkan Batalyon Arhanudse 11 dan Batalyon Arhanudse 13. Mabes TNI AD juga berencana mengalokasikan satu helikop­ter untuk Kodam I/Bukit Barisan. "Ini sangat membantu tu­gas-tugas kami, untuk memeli­hara ketertiban dan keamanan wilayah Sumut," katanya.

Kapolda Sumut Irjen Polisi Wisjnu Amat Sastro yang ikut menyaksikan kedatangan alut­sista itu menyatakan menyam­but baik kedatangan sejum­lah peralatan yang mendukung fungsi Kodam I/Bukit Barisan. Pihaknya berharap Kodam I/Bukit Barisan mendapatkan alutsista lebih banyak lagi se­hingga 'Semakin dapat menja­lankan fungsi sebagai institu­si pertahanan negara. (zis/ant), Sumber Koran: Harian Pelita (11 Maret 2013/Senin, Hal. 17)