Kamis, 14 Maret 2013

800 Personel TNI Siaga Antisipasi Tangkuban Parahu Meletus



Rabu, 13/03/2013 18:03 WIB

Bandung - Sebanyak 800 personel TNI bersiaga untuk membantu proses evakuasi warga jika gunung berapi aktif Tangkuban Parahu meletus. Sejumlah kamp pengungsian pun disiapkan.

"Mudah-mudahan tidak meletus. Saat ini 'kan (status) waspada, tetapi kami sudah standby. Ada dua batalyon atau sekitar 800 personel. Jadi kalau ada apa-apa, kami sudah siap," kata Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja kepada wartawan usai menghadiri Sidang Terbuka Promosi Doktor Kolonel Laut Ivan Yulivan digelar di Graha Sanusi Universitas Padjajaran (Unpad), Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/3/2013).

Koordinasi pihak Kodam III Siliwangi bersama Polda Jabar dan pihak terkait terus berlangsung memantau perkembangan aktivitas Tangkuban Parahu yang statusnya waspada. Personel tersebut, sambung Sonny, bersiaga di pos masing-masing. "Pengungsian disiapkan di mana-mana. Ini menjadi bagian dari tugas pokok kami bersama unsur kepolisian," paparnya.

Lebih lanjut Sonny menuturkan, warga sekitar Tangkuban Parahu tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa. Menurutnya langkah evakuasi warga tentu saja melibatkan para personel terlatih. "Mereka personel TNI ini sudah terbiasa semua (membantu penanggulangan bencana)," tutup Sonny.

Hingga saat ini status Tangkuban Parahu masih waspada. PVMBG masih memantau perkembangan gunung untuk memutuskan apakah akan menurunkan atau menaikkan status gunung. Sumber : www.detiknews.com