Senin, 09 Desember 2013

Kodim 0618/BS Bandung bersama warga Cicendo bersihkan Kali Cilimus


Minggu, 08 Desember 2013 18:43 WIB

LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 250 orang personil TNI AD dari Kodim 0618/BS Bandung dan Koramil 1803 Andir-Cicendo bersama-sama warga Kec.Cicendo melakukan kerja bakti membersihkan kali Cilimus dan selokan serta Taman Lansia yang berada di kelurahan Husein Sastranegara.

Menurut, Dandim 0618/BS Bandung Letkol Inf M Rudy Ramdan didampingi Danramil 1803 Andir-Cicendo Kapt inf Oo Suharto, Kapolsek Cicendo AKP Kokon, dan Camat Cicendo Asep Saeful Gufron, kerja bakti menunggal TNI AD dan masyarakat merupakan wujud nyata dalam mensukseskan program Pemerintah Kota Bandung yaitu “Bandung Juara”. Selain itu kami ingin menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya kebersihan lingkungan, khususnya masyarakat yang tinggil di pinggiran sungai.

“Masyarakat yang tinggil di pinggiran sungai masih perlu pembinaan dan diberikan penyadaran diri. Hal ini mengingat masih ada masyarakat yang belum menyadari pentingnya menjaga lingkungan,” ujarnya kepada wartawan saat ditemui dilokasi kerja Bakti / Jum’at Bersih di kel.Husein Sastranegara Bandung, Jum’at ( 6/12/2013).

Ia menjelaskan, kegiatan peduli lingkungan bersih menuju Bandung Juara akan dilakukan setiap Jum’at dan Sabtu yang dilakukan Kodim 0618/BS dibantu personil Koramil dari masing-masing kecamatan akan dilakukan diseluruh kecamatan se Kota Bandung dengan tentunya melibatkan instansi terkait dan masyarakat setempat.

“Kegiatan di kelurahan Husein hari ini lebih difokuskan pembersihan sampah di Sungai Cilimus. Dalam pembersihan sungai sepanjang 250 meter itu ratusan TNI saling bahu-membahu membersihkan sampah. Selain sungai kami juga membersihkan taman lansia. Dan kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin dan dilakukan secara bergantian di wilayah Cicendo, Astana Anyar, Cidadap, dan Tegalega. Kegiatannya dimulai pukul 07.00 hingga pukul 11.00,” jelas Dandim.

Sementara Camat Cicendo, Asep Saeful Gufron mengaku kegiatan Jumat Bersih kali ini melibatkan 250 personil TNI AD, 50 orang dari Kecamatan / kelurahan dan sekitar 100 orang masyarakat, sehingga seluruhnya berjumlah 400 orang secara bersama-sama bahu membahu melakukan kerja bakti di Kali Cilimus dan Taman Lansia yang ada di Kel. Husein Satranegara ini.

“Adanya program bersih-bersih ini masyarakat akan menjadi sadar terhadap pentingnya menjaga lingkungannya. “Semua titik dibersihkan, terutama aliran sungai, taman lansia dan sarana olahraga. Alhamdulillah warga sangat antusias membantu TNI,” ungkap Asep.

Melalui kegiatan Bersih lingkungan, diharapkan selama musim hujan aliran air tidak ada yang tersumbat oleh sampah sehingga tidak terjadi banjir, harapnya.

“Untuk menjaga kebersihan lingkungan, kami selaku pemerintahan wilayah (Kecamatan-red) terus menghimbau dan mengajak masyrakat untuk bersama-sama peduli lingkungan. Bahkan himbauan tidak hanya berupa surat edaran saja. Pada setiap kesmpatan kegiatan baik dalam pertemuan antar institusi, forum RW maupun kegiatan lainnya selalu kita sampaikan tentang kebersihan lingkungan,” pungkasnya