Kamis, 19 Desember 2013

TNI Bersama Masyarakat Tanam Ribuan Sengon Solomon

18 Desember 2013 | 12:15 wib, WONOSOBO, suaramerdeka.com - TNI bersama masyarakat menanam sengon jenis baru, Solomon di lahan milik KPH Kedu Selatan di Desa Karangsari, Kecamatan Sapuran, Rabu (18/12).

Komandan KODIM 0707 Wonosobo, Letkol Inf Agus Mukhlas Latif mengakatan dipilihnya jenis sengon jenis solomon yang berasal dari papua, karena tanaman ini merupakan jenis tanaman fast growing species atau tanaman yang mempunyai daur panen cepat, dan sangat cocok dengan iklim dan kondisi lingkungan wonosobo, sehingga bisa mempercepat proses penghijauan.

Untuk itu, imbuhnya, penanaman difokuskan di tanah milik KPH Kedu Selatan, tepatnya di blok 32 E. Selain itu melalui kegiatan yang melibatkan TNI, masyarakat, anak sekolah dan KPH Kedu Selatan ini diharapkan bisa menjadi motivasi semua pihak dalam melestarikan lingkungan.

Rencananya, sebanyak 19.410 batang sengon jenis solomon akan ditanam di tempat ini secara bertahap. Untuk kali ini baru ditanam 1.110 batang, selanjutnya secara bertahap akan diselingi dengan jenis mahoni, durian dan salam sebanyak 5.742 batang. Total areal yang akan ditanami di blok 32.E ini adalah 17,4 hektare. (Edy Purnomo/CN19/SMNetwork)