Senin, 30 Desember 2013

FKPD Sumut bahas isu keamanan jelang 2014

Sunday, 29 December 2013 18:33, RIDIN, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara  (Pemprov Sumut) menggelar rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD)  membahas sejumlah permasalahan di Sumut.
Rapat ini, FKPD ingin memastikan kondusifitas dan soliditas Sumut memasuki tahun politik 2014.

Rapat membahas isu keamanan. Meski tidak banyak isu negatif namun Pemprov Sumatera Utara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Nurdin Lubis  sangat konsen akan keamanan di Sumatera Utara yang dihadiri Pangdam I BB Mayjen TNI Istu Hari S, Kapolda Sumut  Irjen Syarief Gunawan, Pangkosek Hanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Sungkono, Perwakilan Lantamal I Belawan, Asisten I Provsu Hasiholan Silaen, Kepala Badan Kesbangpollinmas Provsu Eddy Syofian.

Nurdin Lubis  mengutarakan sejumlah permasalahan yang diharapkan dapat diselesaikan atau dihadapi bersama. Menurutnya, sekecil apapun potensi permasalahan harus diselesaikan dan sebesar apapun permasalahan itu kalau dihadapi bersama akan mudah diatasi.

Adapun dalam catatannya, Nurdin mengutarakan sejumlah permasalahan diantaranya kerusuhan antar warga di Tapanuli Selatan baru baru ini yang menyebabkan pemblokiran jalan namun hal itu sudah bisa diatasi. Selain itu dilaporkannya ada potensi gangguan keamanan terlebih menghadapi Natal dan Tahun Baru serta antisipasi keamanan di tahun 2014 dimana tahun tersebut merupakan tahun politik.

Nurdin menambahkan, ditahun 2014 menjadi rawan konflik dimana terjadi pemilihan legislatif DPR  dan Pilpres. Dikhawatirkan nantinya  ada oknum Caleg atau tim kampanye menggunakan isu SARA atau isu Pembebasan Lahan, isu energi listrik dan korupsi guna menjaring suaranya. “Bisa jadi di tahun 2014 nanti akan terjadi pengerahan massa dan berujung keributan, maka hal ini perlu kita antisipasi bersama,” ujar nya.

Terakhir Nurdin meminta seluruh Pemimpin Daerah agar terus berkoordinasi dan masing masing menjaga kondusifitas Sumut sesuai tugas pokok dan fungsi masing masing.  Tak lupa Nurdin mengingatkan agar dilakukan Apel bersama PNS ,TNI dan Polri dan dibentuknya sebuah forum yang mempertemukan FKPD Provinsi dan Kabupaten Kota minimal 3 kali sebelum Pemilu 2014 guna penyamaan gerak dan misi demi tercapainya kondusifitas Sumatea Utara.

Pangdam I BB Mayjen TNI Istu Hari S dalam penjelasannya memastikan  seluruh anggotanya  siap bekerjasama dengan Polri dan pemerintah setempat guna mengamankan Sumatera Utara.

Pangdam memastikan akan segera memerintahkan seluruh Kodim, Korem dan Koramil di Sumut agar menggelar apel gabungan dengan PNS dan Polri di Kabupaten Kota guna membangun soliditas antar pimpinan daerah. Dia juga sempat menceritakan pengalamannya selama bertugas tepat pada momen Pemilu dan Pilkada di beberapa tempat di Indonesia.” Kita sudah biasa dan kita siap untuk itu pak Sekda,” tegasnya.

Tak berbeda dengan Pangdam, Kapoldasu Irjen  Syarif Gunawan dan Pangkosek Hanudnas III Medan juga menyatakan kesiapan seluruh anggotanya dalam mengamankan Sumatera Utara. Dari rapat tesebut lahirlah kesepakatan bersama yaitu dibentuk forum pertemuan antara Bupati  Walikota ,KPUD dan Bawaslu beserta Muspida  Kab/ Kota dengan FKPD Provinsi minimal 3 kali sebelum Pemilu April 2014.

Nantinya di pertemuan tersebut dilaporkan perkembangan dan masukan dari semua pihak termasuk KPU dan bawaslu terhadap kesiapan Pemilu. Dalam kesempatan itu Nurdin tak lupa menghimbau seluruh masyarakat Sumatera utara untuk sama menjaga kondusifitas Sumatera Utara.