Kamis, 19 Desember 2013

KB Kesehatan Ditutup, Kesatuan Gerak PKK Dibuka

Rabu, 18 Desember 2013 20:13, PALEMBANG - Penutupan kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan dan Pembukaan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan 2013 dipusatkan di Kelurahan Talang Betutu, Palembang, Rabu (18/12). Penutupan dihadiri Wali Kota Palembang H Romi Herton.

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan ( BKB-PP), K Sadaruddin S Sos Msi mengatakan bahwa kegiatan TNI Manunggal ini merupakan suatu rangkaian kegiatan keterpaduan dan berkesinambungan KB-Kesehatan. “Tujuan dilaksanakannya TNI Manunggal KB Kesehatan ini untuk  meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor  dalam pelaksanaan kegiatan kesatuan gerak PKK KB kesehatan. Serta meningkatkan kelompok peran mahasiswa dan juga untuk meningkatkan jumlah dan keterampilan kader yang memadai dan mandiri,” katanya.

Menurut Sadruddin, tema yang kita angkat kali ini yakni  "Melalui Kesehatan Gerak PKK-KB-Kesehatan kita tingkatkan Kesejahteraan Keluarga Untuk Menuju Penduduk Tumbuh Seimbang dan Palembang Emas 2018. Kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan tersebut sudah dimulai dari Juni-Oktober 2013.

“Dari hasil kegiatan tersebut di peroleh pemakai IUD sebanyak 1.078 (90 PERSEN); Implant 1.359 (120 persen); MOW 141 (110 persen); MOP 70 (40 persen); Suntik 10.3380 (120 persen); PII 6.193 (95 persen); dan Kondom 1.936 (70 persen). Dari hasil tersebut alat kontrasepsi yang paling diminati masyarakt adalah suntik,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang H Romi Herton mengatakan bahwa adanya KB Kesehatan TNI  Manunggal ini untuk mendukung percepatan pencapaian program KB. Sasaran yang ingin capai yakni  terselenggaranya intensitas kegiatan-kegiatan KB dan kesehatan secara terpadu dengan memberikan pelayanan secara normal kepada masyarakat terutama keluarga Pra Sejahtera dan KS I.

“Kami mengharakat dari kegiatan ini bisa menekan angka kematian ibu dan anak serta mengurangi penyakit HIV AIDS,” ujarnya. (cj7/dom)