Rabu, 18 Desember 2013

Ribuan Tentara Siap Amankan Pemilu di Jateng

Penulis : Kontributor Demak, Ari Widodo, Selasa, 17 Desember 2013 | 22:08 WIB, DEMAK, KOMPAS.com — Ribuan personel TNI di jajaran Komando Resor Militer 073 Makuratama siap membantu Polri mengamankan pemilu legislatif dan pemilihan presiden tahun 2014 mendatang. Para prajurit itu terdiri atas anggota korem dan 9 komando distrik militer yang tersebar di sejumlah korem, yakni Kodim Demak, Kendal, Grobogan, Blora, Kudus, Jepara, Pati, Rembang, dan Kodim Salatiga. 

Menurut Komandan Komando Resor Militer (Korem) 073 Makutarama Kolonel Infantri Stefanus Tri Mulyono, kesembilan komando distrik militer (kodim) tersebut nantinya dapat membantu polisi mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi selama masa pemilu berlangsung. 

"Kami minta setiap kodim mempersiapkan personel satuan setingkat peleton (SST) dan satuan setingkat kompi (SSK). Kodim Demak menyiapkan tiga SSK. Kesiagaan di masing-masing wilayah diharapkan bisa memberi rasa aman selama pemilu," kata Kolonel Infantri Stefanus Tri Mulyono di sela kunjungan kerja di Markas Kodim 0716 Demak, Selasa (17/12/2013). 

Terkait pelaksanaan pemilu, prajurit TNI diminta ikut menjaga iklim kondusif dan tidak memihak serta tidak mendukung partai politik ataupun calon bupati atau presiden meskipun dari anggota TNI. Tugas utama TNI adalah menjaga keamanan dan keutuhan NKRI, bukan ikut-ikutan politik praktis. 

"Pemilu sudah berkali-kali, saya enggak mau denger ada pelanggaran terkait netralitas TNI. Netralitas harga mati," ucapnya, tegas. (Editor : Farid Assifa)