Kamis, 19 Desember 2013

Panen Raya Perdana Padi Varitas Unggul

PANGDAM Ill/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim melakukan panen perdana padi varitas unggul di Kampung Cikondang Desa Cibeuti Kec Kawalu Kota Tasikmalaya, Rabu/(18/12).

Padi varitas unggul yang ditanam di atas lahan 3,5 Hektar mampu menghasilkan 12 Ton per hektarnya merupakan jenis baru hasil pengembangan Forum Petani Indonesia Kodam III/Siliwangi. Sebelumnya para petani yang tergabung dalam Forum Petani Indonesia telah mengikuti pelatihan kader petani muda di Bogor yang diselenggarakan Kodam III/Siliwangi bekerja sama dengan IPB Bogor dan Pemprov Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Pangdam III/Siliwangi mengatakan penemuan padi varitas unggul adalah suatu prestasi besar dan sangat membanggakan, sekaligus sebagai suatu terobosan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan sebagai salah satu upaya meningkatkan produksi beras nasional, dalam rangka mendukung terciptanya ketahanan pangan di wilayah Jawa Barat.

Pangdam juga mengharapkan agar penemuan padi varitas unggul terus dikembangkan, sehingga akan terjadi penyempurnaan-penyempurnaan terhadap penemuan tersebut atau bahkan dapat tercipta temuan-temuan baru varitas unggulan yang lain yang lebih berkualitas.

Kepada Pemerintah Daerah dan dinas-dinas terkait lainnya serta semua pihak, Pangdam meminta agar turut memberikan perhatian dan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan pengembangan pertanian, terutama terhadap Forum Petani Indonesia Kodam III/Siliwangi yang telah berhasil menemukan varitas padi unggulan, sehingga bersemangat mencari terobosan-terobosan baru yang pada gilirannya akan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Saya sampaikan penghargaan kepada Abah Uyung beserta anggota Forum Petani Indonesia Kodam III/Siliwangi, yang telah bekerja keras dan melakukan berbagai percobaan dengan tidak kenal menyerah untuk menemukan padi varitas unggulan ini," ucap Pangdam.

Turut hadir pada acara tersebut Danrem 062/TN, Irdam, Aster, Waaslog, Kakesdam, Wali Kota Tasikmalaya, Kadis Pertanian, Ketua Gafoktan dan tamu undangan lainnya. (Pendam III/Slw), Sumber Koran: Pelita (19 Desember 2013/Kamis, Hal. 12)