Selasa, 31 Desember 2013

Ini Rute Pengalihan Arus Lalu Lintas Malam Tahun Baru

Senin, 30 Desember 2013 | 18:30, Jakarta - Sebanyak 6.500 personel gabungan Polda Metro Jaya, Polres, TNI, dan Satpol PP, diturunkan untuk mengawal pengamanan malam tahun baru, termasuk pagelaran Jakarta Night Festival (JNF), di Jalan Sudirman-MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (31/12) besok. Polisi bakal memberlakukan penutupan jalur dan pengalihan arus kendaraan.

Juru Bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto, mengatakan pihaknya sudah siap melaksanakan pengamanan tahun baru, khususnya mengawal pagelaran JNF, besok malam.

"Polda Metro Jaya sudah siap. Petugas yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan berjumlah 6.500 personel gabungan Polda Metro Jaya, Polres, TNI, dan Satpol PP," ujar Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Senin (30/12).

Dikatakan Rikwanto, sama dengan tahun lalu, Pemda DKI Jakarta kembali menggelar acara JNF pada malam pergantian tahun, di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, besok. Masyarakat diharapkan datang ke lokasi, paling lambat sebelum jam 18.00, karena jalur akan ditutup.

"Jam 18.00, jalur antara Dukuh Atas sampai Patung Kuda akan disterilkan atau ditutup terkait kegiatan JNF. Dalam kegiatan itu, ada beberapa panggung, ada kuliner, tenda-tenda, semuanya disediakan Pemda DKI Jakarta," ungkapnya.

Rikwanto melanjutkan, pihaknya bersama Pemda DKI Jakarta sudah menyiapkan sejumlah kantong-kantong parkir, di Polda Metro Jaya, Lapangan Parkir IRTI Monas, Masjid Istiqlal, Parkir Timur Senayan, dan seluruh gedung yang berada di lokasi JNF.

"Silahkan masuk lebih dulu ke tempat-tempat tersebut sebelum pukul 18.00 atau waktu penutupan jalur," katanya.

Berikut pengalihan arus:

Traffic Light Harmoni
1. Penutupan Jalan Majapahit
2. Kendaraan dari arah Utara diarahkan ke Jalan IR Juanda atau arah Jalan Suryopranoto

Traffic Light Oteva
1. Penutupan Jalan Merdeka Barat arah Selatan
2. Kendaraan diarahkan menuju jalan Majapahit-Harmoni

Bunderan Air Mancur Patung Kuda
1. Penutupan Jalan MH Thamrin arah Selatan dan penutupan Jalan Medan Merdeka Barat.
2. Kendaraan diarahkan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dan ke Jalan Budi Kemuliaan.
Traffic Light Kebon Sirih
1. Penutupan Jalan MH. Thamrin arah Utara dan Selatan
2. Kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Kebon Sirih arah Timur (ke arah Tugu Tani) dan ke arah Barat (ke arah Tanah Abang)

Traffic Light Sarinah
1. Penutupan di Jalan MH Thamrin arah Utara dan Selatan.
2. Kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Wahid Hasyim arah Barat atau ke arah Tanah Abang dan ke arah Timur atau ke arah TL Sabang.

Bundaran HI
1. Kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Imam Bondjol - TL Cokro dan seterusnya.
2. Kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Tanjung Karang-Jalan Kendal dan seterusnya.

Dukuh Atas
1. Penutupan Dukuh Atas arah Utara
2. Kendaraan diarahkan menuju TL Dukuh Bawah. (Penulis: Bayu Marhaenjati/FMB)