Senin, 30 Desember 2013

7000 Personil Kodam amankan 7 titik rawan di Jakarta

JAKARTA (Pos Kota) - Sebanyak 7000 anggota pasukan dari berbagai kesatuan di bawah Kodam Jaya akan dikerahkan dalam pengamanan perayaan Malam Tahun Baru 2014. Tujuh titik yang dianggap rawan menjadi pusat penempatan prajurit demi keamanan DKI Jakarta.

Panglima Kodam Jaya, Mayjen E Hudawi Lubis menyebutkan, penempatan pasukannya tersebut setelah rapat Musyawarah Pimpinan Daerah (muspida) yang digelar beberapa waktu. "Kita menyiapkan 70 SSK atau 7000 orang untuk membantu pengamanan perayaan malam tahun baru," kata Pangdam usai Upacara perayaan hari jadi HUT Kodam ke 64 di Cawang, Jakarta Timur, kemarin.

Menurutnya, 7000 pasukan yang sudah disiapkan itu akan ditempatkan di tujuh titik berbeda yang dianggap rawan. Namun, pangdam sendiri enggan merincikan dimana saja titik rawan tersebut. "Untuk pemetaannya, kami sudah berkordinasi dengan polisi di 7 titik yang ada di Jakarta dan dianggap rawan, karena kita sifatnya perbantukan saja," ujarnya. 

BANTU TANGANI BANJIR
Selain pengamanan tahun baru, Pangdam juga mengaku, kesatuannya siap membantu penanganan banjir yang terjadi di Jakarta. Pihaknya juga terus berkomunikasi dengan pemerintah daerah untuk mengatasi musibah tahunan ini.

"Semua sudah kita siapkan, dalam arti diberbagai kesatuan sudah berjaga untuk memudahkan pertolongan pertama, dalam banjir kali ini," ungkapnya.

Menurutnya, kesatuan ditingkat koramil juga telah disiagakan dalam menangani masalah banjir. Dengan menyiapkan perahu karet didaerah rawan banjir . (Ifand/yah/us), Sumber Koran: Pos Kota (30 Desember 2013/Senin, Hal. 05)