Rabu, 18 Desember 2013

Korem Siap Membantu Pengamanan Natal

17 Desember 2013 | 06:20 wib, WONOGIRI, suaramerdeka.com - Jajaran TNI-AD di wilayah Korem 074 Warastratama Surakarta, senantiasa siap untuk membantu mengamankan perayaan hari raya Natal 2013 dan penyambutan tahun baru 2014. Termasuk akan ikut secara aktif, dalam penanggulangan terhadap ancaman aksi teror bom.

Penegasan ini, disampaikan Komandan Korem (Danrem) 074 Kolonel Mulyo Aji, saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Wonogiri, berkaitan dengan pelepasan peleton beranting (tonting) gerak jalan menyambut hari juang kartika tahun 2013. "Seluruh jajaran Korem 074 Warastratama, siap untuk berpartisipasi  langsung dalam membantu pengamanan perayaan Natal dan tahun baru," tandas Danrem Kol (Inf) Mulyo Aji.

Menyongsong perayaan hari raya Natal 2013 dan penyambutan tahun baru 2014, belakangan disinyalir kemunculan isu akan adanya ancaman aksi teror bom.  Terkait ini, Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) di Jakarta, menginginkan perayaan Natal dan tahun baru dijamin berjalan dengan aman. Kepala negara menginginkan, setiap umat beragama harus mendapatkan jaminan keamanan agar dapat menjalankan ibadah, dengan tenteram dan penuh kebahagiaan. Baik itu umat Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha maupun Konghucu.

Terkait ini, Danrem Kol (Inf) Mulyo Aji, menyatakan, dalam upaya membantu Polri mengamankan Natal dan tahun baru, dirancang dua strategi pembantuan pasukan. Pertama, menyiapkan pasukan setingkat satuan kompi (SSK) untuk dibantukan secara melekat pada institusi Polri. Kedua, menyiapkan pasukan yang stand by di markas. Baik di markas yang berada di Sragen, Karanganyar, maupun yang siap di Makorem.

Dua Strategi "Ada dua strategi, yang langsung melekat pada jajaran Polres-Polres, dan kita siapkan pula pasukan yang stand by di markas," tandas Danrem.

Demikian halnya, tambah Danrem, strategi pembantuan pasukan untuk mendukung terciptanya keamanan ini, kelak juga akan dilakukan ketika nanti membantu jajaran kepolisian dalam mengamankan Pemilu 2014. "Kami senantiasa siap mem-back up jajaran kepolisian," tegas Danrem.

Tahun 2014 mendatang, bangsa Indonesia akan menggelar Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres). "Pada intinya kami siap membantu kepolisian untuk mem-back up pengamanan Pemilu dengan kekuatan yang ada," tegas Danrem.

Jajaran TNI-AD, disebutkan senantiasa siap membantu pengamanan pada institusi Polri, baik itu untuk pengamanan Natal dan tahun baru, maupun pengamanan Pemilu di tahun politik 2014. Yang peran kekuatan inti untuk pengamanan dalam negeri (Kamdagri), itu berada pada institusi kepolisian. Dari jajaran TNI-AD, senantiasa akan aktif berperan untuk membantunya. (Bambang Purnomo/CN39/SMNetwork)