Selasa, 31 Desember 2013

5.000 Aparat Kawal Perayaan di TMII

Makasar,   Perayaan malam tahun baru di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) diperkirakan menyedot banyak warga. Sebagai antisipasi, pengelola TMII telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk mengamankan kemeriahan malam tahun baru itu.

Manajer Humas dan Informasi TMII, Suryandoro, Senin (30/12), menjelaskan, sebanyak 5.000 personel gabungan akan dikerahkan di malam tahun baru di TMII.

Petugas kemanan yang dilibatkan, lanjut Suryandoro, antara lain dari aparat Polsektro Cipayung, Polsektro Makasar, Polrestro Jakarta Timur, Polda Metro Jaya, Koramil, Satuan Polisi Pamong Praja, dan ke¬amanan internal.

"Aparat gabungan yang diterjunkan ini tidak hanya bertugas mengamankan jalannya perayaan malam pergantian tahun, tapi juga pada hal-hal lain, seperti pengaturan lalu lintas dan sebagainya," ungkap Suryandoro.

Dari keamanan internal, ungkap Suryandoro, akan diturunkan sebanyak 500 petugas.

Sementara itu, untuk mengatasi masalah kemacetan pihaknya akan menutup satu dari empat pintu yang ada di TMII.

Pintu yang akan ditutup adalah Pintu III, yaitu pintu Keong Mas di sisi selatan yang berada di Jalan Ceger.

Sehingga nanti pengunjung harus memutar ke arah Kampung Rambutan, untuk masuk melalui pintu lainnya.
Tapi itu sifatnya situasional. Penutupan itu kami lakukan jika memang sudah terjadi kemacetan parah," kata Suryandoro. Di TMII sendiri ada empat pintu. Pintu utama yaitu pintu I, berada di sisi barat yang terdapat sebanyak enam loket. Kemudian pintu II di dekat MNC pada sisi utara, dan Pintu IV di padepok¬an, di sisi timur.

Selain itu, lanjut Suryandoro, pihaknya juga menyiapkan sejumlah lokasi areal parkir kendaraan baik sepeda motor, mobi, maupun bus. (suf), Sumber Koran: Warta Kota (31 Desember 2013/Selasa, Hal. 03)