Jumat, 08 Maret 2013

TNI Bakar Kantor Polisi karena Ketimpangan Kesejahteraan?

Tegar Arief Fadly - Okezone
Kamis, 07 Maret 2013 10:58 wib

JAKARTA - Komisi III DPR menyesalkan peristiwa pembakaran dan perusakan kantor Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan oleh puluhan oknum TNI yang diduga dari satuan Artileri Meden (Armed). Namun, Komisi yang membidangi masalah keamanan itu belum menerima informasi terkait penyebab dari pembakaran itu. "Ini kan bukan yang pertama kali terjadi. Saya sendiri belum tahu apa pemantiknya. Tapi kalau itu antara oknum, tentu penyelesaian antarinstitusi yang tertinggi di Sumsel," kata Wakil Ketua Komisi III, Al Muzammil Yusuf di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (7/3/2013).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menduga kemungkinan besar peristiwa tersebut disebabkan karena adanya ketimpangan kesejahteraan antara kedua instansi tersebut. "Ketimpangan kesejahteraan tidak kita nafikan. Walapun ini tidak pernah diakui. Kesejahteraan antara kedua aparat ini harus diperhatikan. Karena ketimpangan akan mempengaruhi emosi," kata dia.

Namun, kata dia, tidak tertutup kemungkinan permasalahan tersebut disebabkan karena adanya konflik lokal antara kedua pasukan berseragam tersebut. Konflik lokal inilah yang akan didalami oleh Komisi III.

Meskipun demikian, lanjutnya, tetap proses hukum harus dikedepankan. Jika dalam penyelidikan nanti ditemukan adanya oknum-oknum yang terbukti berperan sebagai pemicu pembakaran, maka orang tersebut harus ditindak sesuai hukum yang berlaku. "Tinggal diproses saja akar masalahnya kalau bisa dengan penyelesaian damai. Kalau sudah pada tahap pidana atau ada korban ya tentu proses hukum yang berlaku," pungkasnya. Sumber: www.okezonenews.com