Senin, 11 Maret 2013

Tinjau OKU, Komisi III: Ada TNI yang Terluka karena Mencegah Pembakaran

Minggu, 10/03/2013 07:30 WIB
Fajar Pratama - detikNews

Jakarta - Tim Komisi III pada Sabtu (9/3) mengunjungi Ogan Komering Ulu (OKU) untuk melihat kondisi pasca pembakaran Mapolres oleh anggota TNI. Dalam kunjungan itu, komisi hukum menemukan adanya upaya pencegahan yang dilakukan oleh aparat TNI agar teman-temannya tidak membakar Mapolres OKU. "Berdasarkan pertemuan tadi, yang terluka juga ada dari pihak TNI. Terluka karena mencegah rekan-rekannya agar tidak menyerang Mapolres," kata Ketua Komisi III Gede Suardika dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (9/3/2013) malam.

Namun Pasek tidak menyebutkan, siapa dan berapa orang anggota TNI yang mencoba mencegah serangan itu. Politisi Demokrat ini mengatakan, pihaknya kini akan berkoordinasi dengan Komisi I yang merupakan mitra kerja dari TNI, untuk membentuk tim khusus. "Yang jelas temuan ini menyebutkan tidak semua TNI mau menyerang, ada juga yang mencegah," kata Pasek.

Aksi penyerbuan Mapolres OKU terjadi Kamis (7/3) pagi. Semula anggota TNI hendak menanyakan perkembangan kasus penembakan rekannya Pratu Heru Oktavianus. Anggota Batalyon Armed ini ditembak anggota Polres OKU Brigadir W akhir Januari 2013 lalu. Puluhan anggota TNI mendadak menyerang dan membakar Mapolres termasuk sejumlah mobil patroli polisi. Sumber: www.detiknews.com