Senin, 04 Maret 2013

Pemimpin Harus Menjadi Contoh bagi Anak Buah



Bandung, Pelita. Pemimpin sebagai Koman­dan, Atasan, Teman, Guru, Bapak dan Pelatih harus juga menjadi contoh, panutan dan teladan serta menjadi pelayan bagi anak buahnya.

Demikian disampaikan Ke­pala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo pada acara Penu­tupan Apel Komandan Satuan TNI AD Terpusat.

Apel yang diikuti 307 orang Komandan Satuan Angkatan Darat dari seluruh Indonesia, bertempat di Mako Pussenif Kodiklat TNI AD, Jalan Supratman Bandung, Jumat (1/3).

Selanjutnya, Kasad menyampaikan bahwa pemimpin dalam perjalanan kariernya berawal dari pengabdian pertama, ber­lanjut selangkah demi selang­kah (step by step) ditempuh secara sungguh-sungguh dan penuh pengabdian, sehingga dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya selanjutnya harus tetap dipertahankan.

Kasad mengingatkan pada peserta Apel Dansat bahwa seorang pemimpin dapat besar karena pengabdian dan kiner­ja anak buah, maka dekati dan sayangi anak buah dengan men­gadakan komunikasi dua arah, sehingga tidak ada lagi kenda­la psikologis antara atasan dan bawahan, sehingga setiap permasalahan yang terjadi dapat diatasi dengan memberikan sa­ran dan solusi untuk penyele­saiannya.

Pimpinan harus menjadi senior, untuk itu harus dapat memberikan bimbingan dan ara­han bagi pimpinan di bawahn­ya, lanjut Kasad.

Lebih jauh Kasad berharap, karena kepemimpinan itu sejat­inya berawal dari rumah, maka binalah rumah tangga dengan baik, sayangi anak isteri, se­hingga dapat mendukung suami dalam pelaksanaan tugas­nya, dan akhirnya tugas yang menjadi tanggung jawang sua­mi dapat dilaksanakan dengan baik.

Setelah memberikan penga­rahan acara dilanjutkan den­gan pembagian hadiah Lomba Karya Tulis bagi Perwira Menen­gah. Hadir dalam kegiatan ini para Asisten Kasad, Pangkotama dan Koordinator Staf Ahli (Pendam III/Slw).
Pelita  hal.12, Senin 4 Maret 2013.