Kamis, 07 Maret 2013

Pembunuhan bidan libatkan anggota TNI hingga tukang martabak

Reporter : Yan Muhardiansyah
Rabu, 6 Maret 2013 17:14:28

Penembakan yang menewaskan Nurmala Dewi Tinambunan alias Dewi (30) melibatkan banyak pihak. Selain pengusaha, pembunuhan ini juga melibatkan oknum polisi dan TNI, hingga penjual martabak. Otak pelaku pembunuhan ini, Idawati boru Pasaribu (70) alias Nenek merupakan pengusaha ekspedisi di Batam. Rini Dharmawati alias Cici (40) dan suaminya Julius alias Yus (40) merupakan pengusaha salon di Batam. Sedangkan Brigadir Gunita Bakhtiar (32) dan Bripda Aulia Pratama Zulfadlil (22) merupakan personel Polda Sumbar. Iin Dayana (26) dipastikan sebagai mantan Polwan yang pernah bertugas di Polda Sumut.

Eksekutor dalam pembunuhan ini, Rizki Darma Putra Gope (23) adalah pengangguran. Sedangkan Ashari alias Ari (18) yang menyimpan barang bukti, merupakan penjual martabak. Seorang oknum TNI di Sumbar berinisial M diduga juga terlibat. Dia menyediakan pistol untuk pembunuhan ini. "Untuk kawan-kawan dari institusi lain sudah kami koordinasikan. Sedangkan untuk polisi yang terlibat diproses sesuai hukum berlaku," jelas Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, Rabu (6/3).

Wisjnu memaparkan, para pelaku dikenakan pasal yang berbeda-beda. Pasalnya sesuai dengan peran masing-masing. "Pasalnya beda-beda. Ada 340, 338, ada yang kena Pasal 55 KUHP," jelas Wisjnu. Seperti diberitakan, polisi sudah berhasil mengungkap pembunuhan bidan Nurmala Dewi Tinambunan alias Dewi (30). Delapan orang ditangkap dari sejumlah tempat, sepeti di Padang, Batam, Medan, dan Jakarta.

Mereka ditangkap setelah Dewi ditembak di depan rumahnya di Jalan Pertahanan Gang Indah, Patumbak, Deliserdang, Kamis (7/2) petang. PNS yang bertugas di Puskesmas Teladan, Medan, ini ditembak tak lama setelah pulang bekerja. Pelaku disebut-sebut seorang pria mengendarai sepeda motor. Setelah tertembak, Dewi dilarikan warga ke RSU Estomihi, Jalan Sisingamangaraja, Medan. Namun, sesampai di sana dia tak lagi bernyawa. Sumber: www.merdeka.com