Selasa, 03 Desember 2013

Korem 051/Wkt buka pelatihan pemeliharaan intelijen



Senin, 02 Desember 2013 20:51 WIB


LENSAINDONESIA.COM: Peran serta dan profesionalisme aparat intelijen harus terus ditingkatkan dimasa mendatang dalam rangka turut serta mendukung terciptanya stabilitas keamanan yang kondusif di wilayah dan menjaga tetap tegaknya kedaulatan NKRI.

Demikian yang disampaikan Kasrem 051/Wkt Letkol Inf Drajad Brima Yoga, Sip yang mewakili Komandan Korem 051/Wkt, Kolonel Inf Nugroho Budi Wiryanto, membuka pelaksanaan Latihan Pemeliharaan Intelijen bagi personel Tim Intelrem 051/Wkt di Aula Wijayakarta, Makorem, Jababeka, Bekasi, Senin (2/12/13).

“Kualitas kemampuan personel intelijen diperoleh melalui pembinaan latihan yang dilaksanakansecara berkesinambungan,” katanya.

Menurutnya, sebagai salah satu Satuan Komando Kewilayahan yang berada di wilayah Kodam Jaya, Korem 051/Wkt harus memiliki data intelijen yang tepat dan terkini. “Data ini nantinya akan digunakan dan diolah menjadi suatu keterangan yang memiliki arti penting dalam pengambilan suatu keputusan oleh Komandan Korem,” ujarnya.

Kasrem menambahkan, dimana bahan ataupun data-data tersebut tentunya diperoleh melalui tugas yang dilaksanakan secara profesional oleh aparat intelijen khususnya Tim Intelrem 051/Wkt.

“Umumnya intelijen memiliki tiga fungsi dasar pengumpulan, analisis dan, ciri yang melekat pada seluruh proses intelijen adalah kontra intelijen. Fungsi keempat yang agak jarang dilakukan oleh badan intelijen luar negeri adalah tindakan tertutup yang semakin sering diperdebatkan apakah hal tersebut merupakan fungsi intelijen yang pantas dalam negara maju,” pungkasnya.