Jumat, 01 Maret 2013

Kejurnas Karate Piala KASAD Diharapkan Temukan Karateka Berbakat

Donny Winardi
Kamis, 28/02/2013 16:08:48   |   Read : 261

Pengurus Besar Federasi Olah Raga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) menggelar kejuaraan nasional (kejurnas) memperebutkan Piala Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) XI 2013 di GOR Tumenggung Abdul Jamal, Batam, Kepulauan Riau, 28 Februari-2 Maret. Kejurnas ini menjadi ajang menjaring karateka terbaik yang akan mengikuti seleksi nasional menjelang SEA Games 2013 Myanmar.

Sebanyak 33 karateka yang telah masuk dalam pelatnas sejak April 2012 dipastikan tampil. Ketua Umum PB FORKI, Hendardji Soepandji, mengatakan ajang Piala KASAD XI diharapkan mampu menjadi tolok ukur bagi pelatih dalam menerapkan sistem promosi dan degradasi terhadap karateka Pelatnas SEAG 2013.

Menurut Hendardji, atlet yang kemampuannya menurun bisa saja digantikan dengan atlet yang mencuat dalam turnamen karate terbesar di Indonesia tersebut. Hendardji juga meminta agar pengurus provinsi (pengprov) FORKI se-Indonesia dan perguruan anggota FORKI mengirimkan karateka.

"PB FORKI memiliki target berat dalam SEAG 2013, yaitu mempertahankan gelar juara umum. Saya optimistis mencapai target tersebut. Kejurnas ini benar-benar menjadi ajang strategis, sebab menjadi ajang pemilihan atlet-atlet terbaik tingkat nasional. Mereka yang berhasil meraih juara dan runner-up akan dipanggil mengikuti pelatnas SEAG 2013 Myanmar," kata Hendardji.

Target 350 Peserta
Hingga Selasa (26/2) sudah terdaftar 250 peserta. Diharapkan pada Kamis (28/2) akan terdaftar 350 peserta yang berasal dari 33 Pengprov FORKI dan 25 perguruan anggota FORKI.

Isu yang mencuat menjelang pergelaran Piala KASAD adalah tidak diberlakukannya batasan usia maksimal bagi peserta. Ajang ini adalah kompetisi tingkat senior, sehingga hanya diberlakukan batasan minimum usia peserta yaitu 18 tahun.

“Pasca-Piala KASAD ini diharapkan ketersediaan karateka nasional yang hendak diterjunkan ke SEAG Myanmar sudah mencapai 150 persen. Untuk mencapai target 100 persen, akan dilakukan lagi degradasi melalui seleksi di berbagai turnamen," kata Djafar Effendi Djantang, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB FORKI.

Tiga turnamen yang dipilih adalah South East Asia Karate Federation April nanti di Manila, Islamic Solidarity Games pada Juni di Pekanbaru, dan World Premier League di Jakarta pada Juni. Sumber: www.bolanews.com