Jumat, 13 Desember 2013

Pasukan TNI penjaga perdamaian jalani uji kesehatan

Kamis, 12 Desember 2013 15:39 WIB, Editor: Fatkhul Aziz, LENSAINDONESIA.COM: Peserta seleksi Kontigen Garuda (Konga) dari Koarmatim mengikuti tes pemeriksaan kesehatan di Departemen Kesehatan Kelautan (Depkesla) Subdep Uji Ricek Kesehatan (Urikes) RSAL dr. Ramelan, Surabaya, Kamis (12/12/2013).

Sesuai jadwal rangkaian kegiatan tes, saat ini gelombang ketiga dengan jumlah peserta mencapai 70 orang yang mengikuti pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan meliputi tes darah yang terdiri dari kimia klinik yaitu SGOT, SGPT, kreatinin, BUN kemudian hematologi yang terdiri dari lekosit, eritrosit, hemaglobin, LED serta imunologi yaitu HBs Ag. Selanjutnya, pemeriksaan urine yang meliputi protein, reduksi, bilirubun, urobilirubin dan sedimen (Lpb).

Pada kegiatan sebelumnya, gelombang tiga telah melaksanakan tes mengemudi, komputer dan bahasa Inggris. Untuk selanjutnya, seluruh peserta seleksi sebanyak 275 Perwira, Bintara dan Tamtama akan melaksanakan tes akademik di Kolat Koarmatim.

Kemampuan khusus yang dibutuhkan dalam misi penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) ini di antaranya yaitu Komando Pasukan Katak (Kopaska), Polisi Militer (POM), perawat dan perawat mahir, anestesi, teknisi AC, juru masak, pengemudi jeep, pengemudi truck, keuangan, juru bayar, administrasi, komunikasi, montir radio, operator komputer, teknisi komputer, fotografer dan kameramen.

Kontingen Garuda dibagi menjadi beberapa satuan tugas. Di antaranya Military Observer (Milobs) dan Military Staff (MILSTAFF), Satgas Kompi Zeni (KIZI) TNI MONUSCO di Kongo, Satgas KIZI TNI MINUSTAH di Haiti, Satgas Batalyon Invanteri (Yonif) Mekanis (YONMEK) TNI UNIFIL di Lebanon.

Juga untuk Satgas Force Headquarter Support Unit (FHQSU) TNI UNIFIL di Lebanon, Satgas Force Protection Company (FPC) TNI UNIFIL di Lebanon, Satgas Military Police Unit (MPU) UNIFIL di Lebanon, Satgas Cimic Military Coordination (CIMIC) TNI UNIFIL di Lebanon, kemudian Satgas Tim Kesehatan TNI UNIFIL di Level II Hospital Lebanon, Satgas Military Community Outreach Unit TNI UNIFIL di Lebanon serta Satgas Yonif Komposit TNI UNAMID di Darfur Sudan. @licom