Kamis, 03 Oktober 2013

Wiranto Setuju Koruptor Dihukum Mati



Rabu, 02 Oktober 2013 | 12:45 WIB


Metrotvnews.com, Jakarta: Jenderal TNI (Purn) Wiranto setuju jika para koruptor dihukum mati. Menurutnya, koruptor memang harus mendapat hukuman berat.

"Kecuali itu, ada proses pengadilan bagi koruptor jangan dijadikan komoditas. Jangan sampai aparat penegak hukum, yang lakukan proses peradilan terkontaminasi dengan praktik-praktik tidak jujur," ujar Wiranto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).

Wiranto menegaskan, dalam melakukan penyidikan terhadap koruptor, aparat penegak hukum jangan sampai terlibat dalam tindak pidana yang membuat peradilan bisa ditawar menjadi komoditas atau barang dagangan.

"Ini yang kita prihatin. Tugas pertama hukum adalah hukum. Hukum ini kesepakatan kolektif dari bangsa agar bangsa ini bisa teratur. Artinya orang yang salah jalan dinyatakan salah. Kalau benan dinyatakan bener. Jangan sampai hukum tidak bisa lakukan proses," jelas Ketua Umum Partai Hanura ini.

Wiranto menegaskan, ketidakkonsistenan hukum membuat khawatir banyak kalangan. Hukum tidak bisa lagi memberi ketenangan pada seluruh aspek masyarakat. (Editor: Afwan Albasit)