Jumat, 25 Oktober 2013

Tingkatkan SDM personil, Kodam V/Brawijaya gelar MTT Dispenad



Kamis, 24 Oktober 2013 20:02 WIB
Editor: Anggi Tiar

LENSAINDONESIA.COM: Kodam V/Brawijaya menerima Mobile Training Team (MTT) dari Dispenad, yang diikuti oleh perwakilan Prajurit/PNS dari Penrem jajaran Kodam V/Brawijaya yang dilaksanakan di Media Center Pendam V/Brawijaya.

Kegiatan MTT ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 23 s/d 24 Oktober 2013. Sebagai ketua Tim MTT dari Dispenad adalah Mayor Inf Daru dan dibantu Lettu Inf Alexius Dadang Tamin dan Serma Tri Satyawan.

Kegiatan MTT yang rutin dan telah dijadwalkan oleh Komando ini bertujuan untuk meningkatkan SDM Personil yang bertugas di bidang Penerangan dan memberikan keseragaman dalam penyelenggaraan fungsi Penerangan TNI AD melalui kegiatan ini, dapat diperoleh pemahaman yang utuh tentang ketentuan dan tehnik dasar Penerangan TNI AD di Kotama. Dengan memahami segala ketentuan dan tehnik dasar Penerangan, akan sukses dalam melaksanakan tugas di wilayah masing-masing.

Materi MTT dispenad tahun 2013 terdiri Tehnik Dasar Fotografi, Fotografi Jurnalistik, Tehnik Dasar Video dan Video Jurnalistik, materi-materi ini sangat penting diberikan penyegaran sejalan dengan perkembangan teknologi sehingga sebagai insan Penerangan akan dapat mengikuti modernisasi. Adapun penyaji materi dari Dispenad Lettu Inf Alexius Dadang Tamin dan Serma Tri Satyawan, dari LKBN Antara Eric Siswanto/Erick Ireng dan dari TVRI Andre.

Prinsip dasar fotografi adalah fokus, segitiga fotografi (speed, iso, diafragma) dan komposisi, ketiga prinsip tersebut harus di pahami sebelum melaksanakan pengambilan gambar sehingga akan di dapat hasil foto optimal dan menggambarkan suatu kegiatan. Selain itu materi fotografi jurnalistik yang disampaikan Erick sangat bermanfaat bagi insan penerangan dalam melaksanakan tugasnya.

Di hari kedua disampaikan tentang tehnik dasar video dan video jurnalistik. Video jurnalistik erat hubungan dengan Kameramen, seorang Kameramen mempunyai tugas meliput untuk ditayangkan di TV/Dokumentasi, jeli dalam mengambil obyek dan mencari gambar yang human interest. Modal dasar Kameramen untuk dapat membuat gambar yang berbicara adalah menguasai alat yang akan digunakan, menguasai teknik pembuatan gambar dam menguasai kode etik peliputan/jurnalistik.