Kamis, 24 Oktober 2013

1.704 Personel Gabungan TNI/Polri Amankan Pilkada Langkat

SumutDaily.Com|Medan. Untuk mengamankan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Langkat, Rabu (23/10), Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda) Sumut menerjunkan sebanyak 1.074 personel gabungan.

"Personel gabungan dari TNI/Polri dengan rincian, Polres Langkat 639 orang, Polres Binjai 293 orang, Brimob 76 orang, Marinir 33 orang dan Kodim 33 orang. Jadi total keselurahannya 1.074 orang," ungkap Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Raden Heru Prakoso, Senin (21/10) siang, di Mapolda Sumut.

Mantan Wakil Direktorat Lalulintas (Dit Lantas) Polda Sumut ini mengungkap, keseluruhan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sekitar 1.768 tempat tersebar di dua wilayah hukum, yakni di Langkat 1.504 TPS, sedangkan di Binjai sebanyak 264 TPS. "Pilkada Langkat ada di dua Polres, yakni Polres Langkat dan Polres Binjai dengan jumlah semua totalnya 1.768 TPS," katanya.

Perwira melati tiga ini mengatakan, selain melakukan pengaman di TPS juga dilakukan pengaman di tempat Panitia Pemungutan Kecematan (PPK), KPUD Kabupaten Langkat, gedung Pemkab Langkat, DPRD Kabupaten Langkat dan tempat-tempat lain yang dinilai, patut untuk dilakukan pengamanan juga. "Ada sejumlah tempat yang dinilai perlu dilakukan pengaman atas hal itu," tutur juru bicara Mapolda Sumut ini.

Heru juga mengimbau, agar Pilkada Kabupaten Langkat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Selain itu, agar masyarakat dan pendukung calon jangan mudah terprovokasi dari kelompok-kelompok yang tidak bertanggungjawab.

"Kita selaku masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan kelompok tidak bertanggungjawab, mari kita sukses Pilkada Langkat, dengan lancar dan damai," imbaunya. (aw)