Selasa, 29 Oktober 2013

Panglima TNI Wisuda 513 Prajurit Taruna Akmil



28 Oktober 2013 | 14:29 wib


MAGELANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 513 prajurit taruna diwisuda dalam acara Wisuda Prajurit Taruna Akademi TNI Tingkat 1 Tahun Pendidikan 2013/2014 di Stadion Sapta Marga, Akademi Militer (Akmil) Magelang, Senin (28/10).

Inspektur upacara Panglima TNI Jenderal Moeldoko sekaligus secara simbolis melepas masa kependidikan taruna dengan memasangkan tanda pangkat kepada perwakilan taruna. Wakil wisudawan mengambil sumpah para prajurit taruna di hadapan rohaniwan untuk setia kepada Tentara dan Negara Indonesia.

Moeldoko dalam amanatnya menyampaikan, selaku pimpinan TNI dia memberikan ucapan selamat kepada taruna atas keberhasilan lulus dalam pelatihan di kawah candradimuka yang disiapkan sebagai pemimpin. Para taruna ini telah ditempa untuk membentuk kematangan kepemimpinan secara bertahap.

"Karena tidak ada pemimpin besar dan berwibawa lahir tanpa latihan dan tempaan serta menghadapi segala dinamika yang mewarnainya. Sehingga dari sekarang harus dipersiapkan untuk ditampilkan, memang butuh waktu agar menjadi pemimpin yang kuat, tegas dan berwibawa," katanya.

Dalam acara Wisuda Prajurit Taruna juga dihadiri dari orang tua taruna. Usai upacara, orangtua baru diperbolehkan menjemput putranya. Suasana tangis haru pun spontan terjadi yang menandai rasa bahagia dari keluarga menyelimuti pertemuan antara orangtua dan taruna yang baru diwisuda.

Tamu undangan yang hadir juga dihibur oleh peragaan demo dari taruna seperti pasukan baris berbaris (PBB), merapikan seragam dan bongkar pasang senjata, serta atraksi drum band Akmil.

Hadir juga Gubernur Akpol Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo SH MSi, Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Sumardi,Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Ary Atmaja S E, Danjen Akademi TNI Marsda TNI Bambang Samoedro SSos, dan Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Tabri Santoso SIP.

Salah satu taruna dari Alumni SMA Negeri 3 Semarang melalui jalur rekruitmen SMA Unggulan, Adhi Setyoprabawa Saptoputratmo mengatakan, sangat terharu mengikuti wisuda prajurit taruna karena bisa membanggakan kedua orangtua dan keluarga. "Harapan saya bisa berbakti kepada bangsa dan negara," katanya.