Selasa, 29 Oktober 2013

Kodam Jaya ajak pemuda tangguh hadapi persaingan global



Senin, 28 Oktober 2013 14:06 WIB


LENSAINDONESIA.COM: Peringatan Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang sangat penting dalam perjuangan Bangsa Indonesia yang di pelopori oleh anak-anak muda pada jamannya yang telah membangun komitmen Bangsa untuk bersatu dan mengembangkan jiwa Nasionalisme di tengah-tengah hegemoni kolonialisme penjajah.

Demikan yang disampaikan Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI E Hudawi Lubis saat  upacara hari Sumpah Pemuda di lapangan Makodam Jaya, Jalan Mayjen TNI Sutoyo,Cililitan, Jakarta Timur, Senin ( 28/10/13).

“Dengan momentum sejarah ini penting kita renungkan dan reaktualisasi agar semangat yang terkandung didalamnya dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa ini untuk menggapai pemuda yang cerdas memiliki kemampuan inovasi serta kreativitas yang tinggi, mampu mengatasi berbagai persoalan dihadapinya, sehingga bertahan dalam menghadapi persaingan global,”ujar Mayjen TNI E Hudawi Lubis.

Ia menjelaskan, untuk itu pemuda harus mampu memberikan inspirasi dalam mengembangkan generasi yang unggul dan berdaya saing dan pemuda yang berprestasi tidak mudah menyerah bertanggung jawab serta senatiasa melakukan yang terbaik bagi masyarakat maupun bangsa.

“Secara khusus momentum peringatan Sumpah Pemuda pada tahun ini diarahkan untuk menjadi tonggak pembangunan karakter bangsa, atas dasar semangat peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan mengangkat tema tahun ini ‘Mewujudkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan Berprestasi’.

Tema tersebut secara khusus mengandung pesan bahwa saat ini kita memerlukan figure-figur pemuda yang santun, inspiratif dan berprestasi,”jelas Pangdam Jaya/Jayakarta.

Selain itu ia menambahkan, pada tahun 2015 nanti memasuki Era Komunitas ASEAN 2015 yang meliputi komunitas keamanan, ekonomi dan sosial budaya. Dalam mengembangkan kreativitas pemuda.

“Untuk membangun masa depan dapat diharapkan para pemuda harus semangat dan jiwa Sumpah Pemuda menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam percaturan global,” pungkasnya.