Jumat, 25 Oktober 2013

Ini Nasihat Penting Panglima TNI di Pembekalan Pasis Sesko



Kamis, 24 Oktober 2013 22:46 WIB

TRIBUNNEWS.COM - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko didampingi Dansesko TNI Marsekal Madya TNI Ismono Wijayanto, memberikan pembekalan kepada 99 Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI Pendidikan Reguler (Dikreg) XL tahun 2013, di Sesko TNI Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/10/2013). Dari 99 Perwira tersebut, terdapat 5 siswa dari mancanegara, yaitu : Australia, Singapura, India, Thailand dan Aljazair. Demikian rilis yang diterima redaksi Tribunnews.com

Dalam pengarahannya, Panglima TNI mengatakan bahwa persoalan leadership bukan persoalan teori, bukan pula banyak sedikitnya buku yang dibaca,  karena leadership adalah art and science, disitu muncul art nya jauh melebihi  science itu sendiri karena didalam art itu muncul karakter. Perwira Siswa akan dipersiapkan menjadi seorang pemimpin di matra masing-masing, sehingga perlu penguatan leadership.

“Pemimpin yang hebat tumbuh bukan karena menegakkan peraturan yang keras tetapi  mampu menebarkan pikiran dan semangat yang bisa mengilhami dan mampu memberikan inspirasi kepada anak buahnya”, kata PanglimaTNI. 

Selain menyampaikan perlunya penguatan leadership, Jenderal TNI Moeldoko juga menyampaikan kebijakan Panglima TNI dalam waktu dekat, antara lain : Pertama,  terkait dengan  bagaimana melakukan penguatan tentang interoperability guna menghindari dan menekan ego sektoral, karena ego sektoral akan melemahkan organisasi. Kedua,  penguatan organisasi Bais TNI dan ketiga, penguatan Kodiklat TNI. Sedangkan jangka panjangnya adalah bagaimana membangun profesionalitas prajurit sebaik-baiknya dengan terlebih dahulu meningkatkan sumber daya manusia, dan bagaimana penguatan hubungan TNI dan rakyat dengan slogan bersama rakyat TNI kuat yang terdapat dalam doktrin TNI.

Sebelumnya Panglima TNI juga memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa Sesko TNI AU di Lembang, Bandung yang didampingi Aspers Panglima TNI Marsekal Muda TNI Bambang Wahyudi, S.IP dan Danseskoau Marsekal Muda TNI Sudipo Handoyo, S.E. (Editor: Widiyabuana Andarias)