Kamis, 10 Oktober 2013

TNI dan Mahasiswa Unsoed Bergabung Membangun Desa

Rabu, 09 Oktober 2013 | 13:09 WIB

Metrotvnews.com, Purwokerto: Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Korem 071 Wijayakusuma bergabung dengan mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah, yang melaksanakan KKN.

TMMD yang bergabung dengan kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Soedirman (Unsoed) ini pertama kali dilaksanakan. KKN berlangsung di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Banyumas.

"Dalam TMMD di Desa Gandatapa, ada 55 mahasiswa Unsoed yang tengah ikut KKN bekerja sama dengan TNI. Nanti pembangunan fisik bakal dikerjakan oleh TNI, sementara untuk non fisik  dilaksanakan oleh adik-adik mahasiswa," kata Komandan Korem 071 Wijayakusuma Kolonel Kav Nugroho Tjendakiarto di sela-sela pembukaan TMMD di Desa Gandatapa, Rabu (9/10).

Sementara Rektor Unsoed Mas Yedi Sumaryadi mengatakan program kerja sama antara TMMD dengan mahasiswa KKN berlangsung selama 21 hari.

"Program fisik akan digarap oleh TNI, sedangkan nonfisik bakal dikerjakan oleh para mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Misalnya peternakan dan pertanian," katanya.

Bupati Banyumas Achmad Husein menyambut baik kerja sama antara TNI dengan Unsoed. "Kerja sama ini akan lebih baik, karena program-programnya pasti lebih terarah antara fisik dan nonfisik," ujar Bupati. (Liliek Dharmawan & Editor: Patna Budi Utami)