Jumat, 11 Oktober 2013

TNI Bersama Masyarakat Bangun Infrastruktur Desa

10 Okt 2013

Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung manunggal ke 91,Rabu tanggal 9 Oktober 2013 berlangsung di Lapangan Bulus I Candibinangun Pakem, Kabupaten Sleman DIY. Upacara tersebut di pimpin oleh Komandan Kodim 0732 Sleman Letkol INF.Bambang Yudi Kustiwa.S.Sos. Dalam kesempatan tersebut Pasiter Kodim 0732 Sleman Kaptn INF Kamdiyo melaporkan kesiapan operasi TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) Sengkuyung ke 91 tahap II tahun 2013, dalam laporannya dikemukakan Lokasi TMMD berlangsung di Desa Candibinangun Pakem Kabupaten Sleman. Sasaran  fisik kegiatan TMMD yakni pengerasan jalan Panjang 1.200 M lebar 4 M, Pembuatan Tempat Wudhu 1 buah, Rehap Pos kamling 1 buah dan lantainisasi 4 rumah.  Sedangkan sasaran non fisik meliputi Penyuluhan PPBN/ Wawasan kebangsaan, Penyuluhan Kamtibmas dan NAPZA, Penyuluhan Kesehatan dan KB, Penyuluhan Pertanian dan penyuluhan bencana alam.  Waktu pelaksanaan selama 21 hari  dimulai 9 Oktober sampai dengan 29 Oktober 2013. Pengerahan tenaga  1 SST Kodim dibantu oleh warga Masyarakat Desa Candibinangun. Sumber dana berasal dari APBD DIY Rp 50 jt, APBD Kabupaten Sleman sebesar Rp 80 jt, Jumlah Rp 130 jt,   sedangkan swadaya dari masyarkat berupa tenaga per hari 50 orang dengan nilai Rp 50 jt.

Selanjutnya Komandan Kodim 0732 Sleman dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Kasad selaku penanggung jawab operasional TMMD, mengatakan bahwa program TMMD yang ke 91 ini akan berlangsung selama 21 hari dan secara serentak  di mulai ini di seluruh PKO TMMD. Dalam program TMMD kali ini TNI Angkatan Darat bekerjasama dengan Kemenpora  RI, yang memiliki salah satu program unggulan yaitu Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan (PSP3) Pengiriman 1000 sarjana masuk desa ke seluruh PKO TMMD ini telah dilatih di Ringdam Jaya Kodam Jaya Jakarta.

TNI Angkatan Darat berharap keterlibatan para sarjana pada TMMD ini dapat berperan sebagai motivator sekaligus pelopor pembangunan yang ada di daerah, sesuai dengan Visi Pemerintah dalam Pembangunan 2005-2025 yaitu Indonesia yang Mandiri, Maju, Adil dan Makmur. Melalui TMMD  TNI bersama-sama Polri,Kementrian, Lembaga Pemerintah Non  Kementerian,Pemerintah Daerah  dan seluruh komponen yang lainnya, kita tingkatkan Integritas Guna Mendukung percepatan Pembangunan dalam rangka mewujudkan Kedamaian dan Kesejahteraan Masyarakat di Pedesaan.  Disampaikan pula oleh Kasad beberapa hal untuk di pedomani oleh para prajurit : Pertama laksanakan kegiatan TMMD secara Profesional, penuh ketulusan, keiklasan dan tanggung jawab. Kedua hormati dan pahami adat istiadat dan budaya setempat, yang ketiga jadilah contoh sumber inspirasi dan motivasi bagi masyarakat dalam membangun daerahnya menuju kemandirian yang ke empat Bangun soliditas dan sinergitas yang kokoh antar sesama prajurit TNI.

Upacara Pembukaan TMMD sengkuyung yang ke 91 tahap II tahun 2013 ini dihadiri olaeh Wakil Bupati Sleman Hj. Yuni Satiya Rahayu.SS.M.HUM. Asek II Bidang pembangunan Hj Dra.Suyamsih.MPD, pejabat yang lainnya dan  Muspika Kecamatan Pakem, Kades Candibinangun Siswantoro  perangkat desa Candi Binangun , Osis.Pramuka  serta masyarakat undangan lainnya.