Senin, 07 Oktober 2013

Pindad Siap Produksi Roket Rhan 122



Jakarta,   PT Pindad (Persero) mengem­bangkan roket balistik Rhan 122, roket pertama buatan Indonesia yang akan diproduksi pada 2015. Roket yang dinamakan R-han (Ru­dal Pertahanan) 122 ini dikem­bangkan Pindad bersama dengan PT Dirgantara Indonesia, PT Dahana (Persero), Kemenristek, BPPT, Puspitek Serpong, dan para akademisi.

"Pembuatan roket masih dalam tahap penyempurnaan dan menda­patkan tabel tembak. Tabel tembak baru bisa didapat jika sudah di­lakukan pengujian beberapa kali dan tembakannya akurat," kata Di­rektur Perencanaan dan Pengem­bangan Pindad Wahyu Utomo di sela Pameran Alutsista 2013 dalam rangka HUT TNI ke-68 di Silang Monas, Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Wahyu, saat ini pengembangan rudal tersebut se­dang dalam tahap uji coba di ka­wasan Baturaja, Sumatera Selatan, dan di Garut Selatan.Uji rudal di­lakukan hingga sekitar 200-300 ka­li, untuk mengukur tingkat aku­rasi, tingkat kekuatan dan dayaledak.

Ia menambahkan, roket R-han 122 diproduksi untuk, memenuhi kebutuhan TNI, pasalnya selama ini masih diimpor dari sejumlah negara. "Ini merupakan roket balis­tik pertama Indonesia untuk perta­hanan, dan akan terus dikem­bangkan," ujarnya.

Terkait berapa jumlah roket Rhan 122 yang akan diproduksi, Wahyu mengatakan tergantung anggaran pemerintah. "Prinsipnya ini langkah awal untuk mengem­bangkan roket. Dengan pengem­bangan ini tentu Indonesia ke de­pan bisa muncul dan diperhitung­kan di kancah internasional," katanya.

Ia menambahkan, dengan pengembangan R-han sebagai cikal bakal roket pertahanan, bukan ti­dak mungkin Indonesia bisa mem­buat sendiri peluru kendali dalam skala besar.

Menurut catatan, beberapa ne­gara yang telah memiliki program pengembangan roket antara lain, Rusia, Amerika, Prancis, China, India, Jepang, Korea Utara, Iran, dan Pakistan. (Ant), Sumber Koran: Jurnal Nasional (07 Oktober 2013/Senin, Hal. 12)