Rabu, 16 Oktober 2013

Kasum TNI Sholat Idul Adha 1434 H di Mabes TNI



POSTED OCTOBER 15, 2013 - 12:21

Jakarta, Seruu.com - Kasum TNI Mardya TNI Boy Syahril Qamar, S.E., Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio, Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal) Brigjen TNI Djati Pontjo Oesodo, S.Sos., para pejabat teras TNI dan warga Mabes TNI serta masyarakat sekitarnya, melaksanakan Sholat  Idul  Adha  1434 H,  di  Lapangan  Parkir  GOR  Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap  Jakarta Timur, Selasa (15/10/2013). Bertindak selaku Imam adalah Drs. H. Suparli S.Q. dan Khotib Drs. KH. Tengku Zulkarnain, M.A.

Dalam khotbahnya, Drs. KH. Tengku Zulkarnain, M.A. antara lain menyampaikan Nabi Ibrahim A.S. adalah penegak agama tauhid,  nabi yang memiliki keihklasan, kesabaran dan ketawakalan sehingga pada saat mendapat perintah Allah SWT untuk menyembelih puteranya sendiri Ismail, namun atas kehendak Allah SWT bukan kepala Ismail yang terpenggal melainkan seekor Kambing Gibas yang sangat besar. Atas kemuliaannya tersebut Nabi Ibrahim A.S senantiasa disebut oleh umat Islam dalam setiap sholat bersama dengan Nabi Muhammad SAW.

Dikatakan oleh khotib, alangkah celakanya jika ada orang Islam yang mengaku pengikut nabi Muhammad SAW, akan tetapi berlaku bakhil atas hartanya, dan tidak mau menyembelih hewan qurban atas nama keluarganya sekali dalam setahun. Banyak hari ini umat Islam yang mengaku miskin alias tidak mampu berqurban padahal mereka setiap hari berfoya-foya dengan uang mereka, padahal berfoya-foya adalah perbuatan yang dibenci Allah, bahkan tidak jarang mereka belanjakan pada hal-hal yang diharamkan oleh Allah. Mereka menganggap remeh syariat berqurban di Hari Raya Idul Adha ini.

Lebih lanjut khotib menyampaikan ada beberapa hasil yang akan dicapai dari ibadah qurban antara lain: Pertama, menumbuhkan rasa cinta sesama kaum muslimin, baik antara orang kaya kepada orang miskin maupun dari si miskin kepada orang kaya. Kedua, menimbulkan perasaan bersyukur atas nikmat harta yang diberikan kepada kita. Ketiga, memperbaiki gizi makanan masyarakat miskin. Keempat, menimbulkan syiar Islam dan memadamkan cahaya agama lain.

Diakhir khotbahnya  Drs. KH. Tengku Zulkarnain, M.A.  mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir dan dimuliakan Allah SWT, marilah kita jadikan momentum Idul Adha ini dapat menggugah kita membahanakan syiar qurban dan syiar Idul Adha serta syiar agama Islam ke seluruh penjuru agar dengan demikian cahaya Islam bersinar terang ke seluruh alam dan kita juga termasuk orang-orang yang bertaqwa karena termasuk dalam golongan orang yang mau bersusah payah mengagungkan syiar Allah SWT.

Selesai melaksanakan Sholat Idul Adha, Kasum TNI mewakili Panglima TNI  menyerahkan satu ekor sapi sebagai hewan qurban kepada panitia qurban dan juga anggota Mabes TNI untuk dibagikan kepada masyarakat  sekitar yang berhak menerimanya. Sementara itu, hewan qurban yang berhasil dikumpulkan  oleh  panitia  penyelenggara  sebanyak  28  ekor hewan yang terdiri dari  17  ekor sapi dan 11  ekor kambing. [Roh/Irm]