Jumat, 18 Oktober 2013

Jelang Haornas, Puluhan Penerjun Payung Gladi Bersih



17 Oktober 2013 | 07:25 wib 0   


YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pembukaan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-30 yang dipusatkan di Yogyakarta, bakal dimeriahkan atraksi terjun payung. Rencananya, seremoni ini dihadiri Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Guna persiapan, sebanyak 30 penerjun dari berbagai klub sipil dan militer mengadakan gladi bersih di stadion Mandala Krida, Rabu (16/10) sore. "Kami terpanggil untuk ikut memeriahkan Haornas. Sebagaimana diketahui, terjun payung merupakan bagian dari Federasi Aero Sport Indonesia," kata Sekjen Persatuan Olahraga Dirgantara (Pordiga) Terjun Payung, Effendi Soen.

Atlet yang akan tampil dalam aksi pembukaan nanti merupakan penerjun handal. Mereka berasal dari TNI AU, TNI AD, dan TNI AL serta klub sipil dari wilayah DIY, DKI, Jawa Barat, dan Sulawesi Utara.

Effendi menyebut, kondisi angin dan cuaca sangat memengaruhi pelaksanaan olahraga ini. Namun karena ketigapuluh penerjun itu merupakan orang-orang pilihan dan profesional, tetap akan diupayakan untuk mendarat.

"Kondisi angin dan cuaca di Jogja terbilang luar biasa. Kami banyak mendapat pelajaran dari sini," ujarnya.
Salah satu penerjun dari TNI AU, Lettu Agus Riyanti mengatakan kegiatan ini merupakan pengalaman berharga dan menantang karena dilakukan di daerah perkotaan.

"Waktu gladi bersih tadi kondisi angin sangat variabel. Terjun payung di wilayah kota memang butuh percaya diri lebih agar bisa mendarat tepat di sasaran," katanya. (Amelia Hapsari/CN19/SMNetwork)