Senin, 07 Oktober 2013

HUT TNI ke 68, Prajurit Diminta Solid dan Bersama Rakyat TNI Kuat



Senin, 7 Oktober 2013 05:47


Riauterkini-DUMAI- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Republik Indonesia ke 68 yang mengusung tema “Profesional, Militan, Solid dan Bersama Rakyat TNI Kuat”, seluruh jajaran TNI di Kota Dumai diminta untuk menjalankan amanah dari tema tersebut.

Demikian disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0303 Dumai-Bengkalis, Letkol Inf. Sukirman Sulaiman, saat memimpin upacara yang berlangsung Sabtu (5/10/13) kemarin di lapangan Bukit Gelanggang Jalan HR Soebrantas Dumai.

"Pada peringatan hari TNI ke 68, sudah sepatutnya momentum ini dijadikan sebagai wahana untuk merefleksikan diri dan merevitalisasi pengabdian TNI kedepan secara kontektual bagi kepentingan nasional, terutama yang menyangkut empat hal penting, yaitu pembangunan ekonomi nasional, memelihara kerukunan dan kesatuan bangsa, menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum dan suksesi kepemimpinan nasional tahun 2014, serta mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI," kata Sukirman.

Ditegaskan Sukirman, keempat hal penting tersebur perlu disadari oleh segenap komponen bangsa dan segenap prajurit serta pegawai negeri sipil, karena di era globalisasi ini, faktor stabilitas politik dan keamanan sangat memainkan peran penting bagi perkembangan perekonomian Indonesia dan membawa pengaruh yang begitu besar terhadap segala aspek kehidupan mayarakat.

Dalam konteks tugas-tugas TNI dalam mendukung pelaksanaan keempat hal penting tersebut, tersimpul pada implementasi motto Tentara Nasional Indonesia “Bersama Rakyat, TNI Kuat”. Kata Sukirman, Bersama dan dengan dukungan rakyat, TNI akan semakin siap dan mantap melaksanakan tugas dengan langkah antisipatif serta responsif, termasuk menjaga dan mengamankan aset – aset sumber daya ekonomi nasional secara tegas.

"Yang menjadi modal pemabangunan nasional. Bersama rakyat, kita cegah terjadinya benturan dan kekerasan komunal yang akan mengganggu ketentraman hidup masyarakat dan kesatuan bangsa. Bersama rakyat, kita jamin PEMILU 2014 dapat berlangsung secara lancar, tertib, bebas, adil dan damai, karena PEMILU adalah keberlanjutan pembangunan nasional," tegasnya.

Dikatakan dia, bersama rakyat, tentunya pertahankan kedaulatan dan keutuhan setiap jengkal wilayah, yang secara sah merupakan bagian integral dari NKRI. Pendirian TNI jelas dan tidak mengenal kompromi dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

"Melalui kebersamaan ini, kita berharap segenap komponen bangsa dapat berjalan seiring, selaras, serasi dan seimbang dengan dasar dan pandangan yang sama di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan benegara. Guna membangun masa depan bersama untuk menjadi bangsa yang besar, kuat dan bermartabat," pungkasnya.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Yogo Sudjiarto dari Satradar 232 Dumai. Kemudian, turut serta sebagai peserta upacara para prajurit TNI dari satuan yang ada di kota Dumai, seperti Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). Tak ketinggalan unsur Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, FKPPI, Mahasiswa dan anggota Pramuka.

Tampak hadir mengikuti jalannya upacara, Ketua DPRD Dumai Zainal Effendi, Asisten Pemko Dumai Mustafa Kadir, Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut Iwan, Dansatradar Dumai Letkol Lek Emil Syarief, Dandenrudal Dumai Mayor Novianto, Camat Dumai Barat M Fauzan, ibu-ibu TNI serta tamu undangan lainnya. (had)