Rabu, 11 September 2013

TNI Tindak Tegas Beking Penjarah Minyak



TENTARA Nasional Indo­nesia (TNI) siap mengamankan obyek vital nasional sektor Energi dan Sumber Daya Mine­ral (ESDM), mengingat masih banyak terjadi pencurian mi­nyak yang merugikan negara.Hal itu disampaikan Panglima TNI Jenderal Moeldoko usai melakukan kunjungan kepada Menteri Jero Wacik di Kementerian ESDM, Selasa (10/9).

Menurutnya TNI memiliki kekuatan dan kemampuan un­tuk berkontribusi terhadap ke­amanan investor pada sector ini.Untuk itu pihaknya berko­mitmen dalam mengamankan obyek-obyek vital nasional pa­da sektor ESDM di mana inves­tor asing dan nasional berada.

"ESDM adalah sebuah ins­titusi yang di dalamnya ada obyek-obyek vital yang harus diamankan.Selaku Panglima TNI kunjungan pertama saya ke ESDM karena saya meman­dang ESDM di dalamnya ada obyek-obyek vital nasional yang menyangkut harkat ke­langsungan kehidupan rakyat Indonesia," kata Moeldoko.

Tujuan Panglima TNI men­gunjungi Kementerian ESDM untuk dapat mendengarkan kegiatan sektor ESDM dan memperkuat komitmen TNI untuk mengamankan obyek-obyek vital nasional itu.

"TNI harus memberikan dukungan sepenuhnya.Kita harus bisa memberikan kon­tribusi yang penuh terhadap keamanan investor pada sek­tor ESDM," katanya.

Terkait adanya pencurian minyak atau illegal tapping yang pernah terjadi di jalurpipa minyak Tempino-Plaju.Pihaknya telah menurunkan pasukan TNI selama sepekan hingga berhasil mengahancurkan infrastruktur illegal tapping dan menghentikan aksi kriminal tersebut.

Menanggapi adanya ok­num aparat yang berada di belakang kegiatan ilegal ter­sebut, Moeldoko mengatakan hal itu pernah terbukti de­ngan adanya seorang mantan tentara dengan pangkat ter­akhir yang diisukan menjadi beking.Namun, mantan pra­jurit ini menyerahkan diri kepada Panglima TNI dan mengakui kesalahannya.

Ia menegaskan jika pela­ku baik dari kalangan aparat sudah menganggu kepenting­an nasional, maka akan di­lakukan tindakan tegas.

"Jadi prinsipnya, kalau ada prajurit yang nakal begi­tu, no way.Kalau sudah me­ngganggu kebijakan peme­rintah, kita habisin orang-orang begitu," kata dia.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan 'sangat meng­apresiasi kerja sama dengan pihak TNI untuk mengaman­kan obyek-obyek, vital nasio­nal di bawah Kementerian ESDM. Dengan begitu ia ber­harap aset negara dapat ter­lindungi lebih baik lagi.

"Saya senang jika bersiner­gi dengan Panglima dan selu­ruh jajaran TNI untuk menga­mankan obyek-obyek vital dan proyek ESDM di mana pun. Jika sektor ESDM maju, maka ke­tahanan energi Indonesia akan aman sampai anak cucu kita," kata Wacik.(Musdalifah), Sumber Koran: Jurnal Nasional (11 September 2013/Rabu, Hal. 21)