Senin, 30 September 2013

Rumah Anggota TNI Meledak, 2 Tewas, 21 Rumah Rusak



MINGGU, 29 SEPTEMBER 2013 | 12:44 WIB


TEMPO.CO, Bondowoso - Ledakan keras terjadi di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Kota Kabupaten Bondowoso, Minggu pagi, 29 September 2013. Dua orang tewas akibat ledakan.

Kepala Kepolisian Resor Bondowoso, Ajun Komisaris Polisi Sabilul Arief, mengatakan ledakan itu juga menyebabkan enam rumah mengalami rusak berat dan 15 rumah rusak ringan. "Hasil penyidikan sementara, penyebab ledakan diduga bahan pembuat petasan atau mercon," kata dia kepada Tempo.

Korban yang tewas adalah Sersan Kepala Agus Suryadi dan Tara, 13 tahun, anaknya. Sedangkan istrinya, Tito, mengalami luka-luka cukup parah dan kini dirawat di Rumah Sakit Daerah dr Koesnadi, Bondowoso.

Ledakan itu terjadi di kawasan padat penduduk, di Jalan Diponegoro Gang Malabar, Kelurahan Kuta Kulon, Kecamatan Kota Bondowoso. Sejumlah warga menuturkan, ledakan itu terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. "Suaranya keras sekali dan getarannya kuat sekali," ujar Rahmadi, warga Kota Kulon.

Warga lain, Ny Alifah, mengaku sangat terkejut dengan peristiwa itu. Dia sedang memasak, dan mendadak terdengar ledakan keras disertai getaran. "Seperti gempa bumi, genteng rumah saya dan tetangga sampai berjatuhan," ujar warga yang tinggal sekitar 100 meter dari lokasi kejadian.

Hingga kini, tim laboratorium dan forensik Kepolisian Daerah Jawa Timur sedang melakukan penyelidikan kasus itu. Adapun Serka Agus Suryadi adalah anggota Markas Komando Distrik Militer 0822 Bondowoso.

"Di tempat kejadian tadi ditemukan dua karung mercon yang sudah jadi," kata seorang anggota Polres Bondowoso yang tak mau disebut namanya.