Rabu, 25 September 2013

Pengamanan Pilbup Magelang Dianggarkan Rp 3,6 Milyar



25 September 2013 | 03:39 wib


MUNGKID, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Magelang menganggarkan dana sebanyak Rp 3,6 milyar untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) Magelang 27 Oktober 2013.

Alokasi anggaran pengamanan itu kini sudah diajukan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Anggaran diajukan melalui mekanisme hibah dan dialokasikan untuk Pilbup dua putaran.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Magelang Sudjarno menjelaskan anggaran sebesar Rp 3.648.277 miliar tidak hanya untuk personil Satpol PP. "Dana itu sudah termasuk personil keamanan untuk TNI dan Polri. Sekarang kita baru merinci setiap personil. Pengajun 2 putaran ini hanya utuk antisipasi," kata Sudjarno, kemarin.

Sebelumnya, Pemkab Magelang telah mengalokasikan anggaran keamanan Pilbup sebanyak Rp 1,3 M. Dana itu dialokasi melalui APBD Pemkab Magelang Tahun Anggaran 2013 lalu. Namun demikian anggaran sebesar Rp 1,3 milyar tersebut tercatat hanya untuk Sapol PP. Adapun pengamanan untuk personil TNI dan Polri belum terakomodir.

Untuk itu, sesuai hasil musyawarah berbagai instansi, anggaran pengamanan Pilbup perlu ditambah untuk personil TNI dan Polri. "Anggaran Rp 3,6 milyar ini sudah termasuk bagi Linmas," jelas Sudjarno didampingi Kasi Pengamanan dan Bina Linmas Satpol PP Kabupaten Magelang Suroto.

Dijelaskan bahwa selama Pilbup terdapat 11 item kegiatan yang perlu pengamanan. Yakni belanja pengamanan tahap pemeriksaan kesehatan dan penelitian syarat pasangan calon (calon), belanja pengawalan paslon, belanja tahap penetapan nomor urut paslon, dan belanja pengamanan sortir lipat dan packing suara.

Selain itu juga belanja pengamanan distribusi suara dan belanja pengamanan tahap kampanye. Kemudian belanja tahap masa tenang dan pembersihan atribut, belanja tahap pemungutan suara dan penghitungan suara, dan belanja tahap penetapan hasil suara. Sudjarno menambahkan pihaknya juga menyiapkan belanja tahap penyelesaian sengketa dan belanja pelantikan dan sumpah janji.

Ketua KPU Kabupaten Magelang Ma'mun Rakhmatulloh menambahkan pihaknya akan segera mengumumkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara para paslon. Pada 8-9 Oktober mendatang KPU akan mengumumkan laporan penerimaan dana kampanye tahap I. Adapun kampanye calon bupati akan berlangsung dari 9-23 Oktober dilanjutkan debat para paslon.

Untuk diketahui Pilbup Kabupaten Magelang akan diikuti enam pasangan calon bupati dan wakil bupati. Yakni paslon nomor 1 Susilo-Mujadin Putu Murja (PPP dan PAN), nomor 2 Rohadi Pratoto-Muhamad Achadi (Partai Golkar, PKB, dan PKS), nomor 3 Handoko-Eko Purnomo (jalur perseorangan). Paslon nomor urut 4 Zaenal Arifin-Zaenal Arifin (PDI Perjuangan), nomor 5 Ahmad Majidun-Sad Priyo Putro (Partai Demokrat, PBB, Hanura, dan PPRN), dan nomor urut 6 Muhammad Arwan-Haiban Hajid (Partai Gerindra dan PKNU). (MH Habib Shaleh/CN39/SMNetwork)