Jumat, 27 September 2013

TNI AD akan punya alutsista terbaik di dunia



Kamis, 26 September 2013 23:55 WIB


LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Indonesia terus melakukan peremajaan terhadap alutsista TNI. Sebagaimana diketahui para tentara merupakan barisan terdepan dalam pertahanan suatu negara yang sudah pasti membutuhkan kecanggihan alat untuk mendukung kinerja mereka dalam melindungi negaranya.

Sehubungan dengan hal itu, TNI Angkatan Darat (TNI AD) juga termasuk yang akan menerima sejumlah alutsista modern yang terbaik di dunia. Menurut Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Budiman, pemerintah sudah memberikan anggaran untuk meremajakan alutsista TNI, khususnya untuk TNI AD.

Menurut dia, alutsista nanti yang cukup besar adalah helikopter. Selain dapat digunakan untuk operasi militer perang, helikoprer bisa digunakan untuk operasi selain perang. Nantinya akan dilengkapi satuan peralatan infantri yakni produk nomor satu di dunia. “Tapi masih dalam jumlah yang terbatas,” ujarnya saat ditemui LICOM di Surabaya, Kamis (26/9).

Selain itu, alutsista lainnya yang segera akan dimiliki oleh TNI AD adalah alat penangkis serangan udara, tank leopard, 2A4, tank leopard revolution, Multiple Launch Rocket System (MLRS). “Rocket yang akan kita miliki itu bisa ditembakkan pada jarak lebih dari 100 kilometer dan ini sangat bagus untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah. Roket itu yang terbaik di dunia,” katanya.

Sejumlah alutsista terbaru tersebut akan datang ke Indonesia secara bertahap. Budiman memperkirakan sekitar 80 persen alutsista modern itu akan datang sebelum Oktober 2014 mendatang.

Disinggung terkait anggaran untuk peremajaan alutsista, dia menyebutkan nilai anggarannya mencapai Rp 100 triliun. Dia mengakui jumlah itu memang cukup besar, namun jika dilihat dari jumlah anggaran dalam APBN, anggaran untuk pertahanan tidak lebih dari dua persennya. “Karena memang pemerintah lebih besar mengalokasikan anggaran untuk ekonomi dan kemiskinan masyarakat Indonesia,” tandasnya. @sarifa