Rabu, 25 September 2013

Pangdam Dukung Kemah Pemuda Lintas Agama



MEDAN - Panglima Kodam I Bukit Barisan (Pangdam I/BB), Mayjen Burhanudin Siagian mendukung penuh rencana Kemah Pemuda Kebangsaan yang akan dilaksanakan pada 22-24 November 2013, di FKIP dan STT HKBP Siantar. Hal ini diungkapkan Pangdam I/BB saat menerima Audiensi Pani­tia Kemah Pemuda Kebangsaan di Marakas Besar Kodam I/BB, Senin (23/9).

"Kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun. Tahun 2014 akan dilakukan di Jatim, dengan panitia dari Pemuda Ansor. Berikutnya tahun 2015 dilak­sanakan di Jogja, dengan pani­tia dari Pemuda Muhamadyah," ujar Ketua Panitia Kemah Pemu­da Kebangsaan Romien Manalu kepada pangdam I/BB.

Pangdam I/BB di kantornya Jalan Gatot Subroto KM 7,5 Medan menanggapi dengan baik rencana pemuda lintas agama yang akan mengadakan Kemah Pemuda Kebangsaan ini. Dia menyampaikan bahwa maju mundurnya sebuah bang­sa terletak pada para pemuda.

"Ini baru pertama kali di Indonesia.Saya pikir kita harus menyatukan keberagaman dan perbedaan menjadi sesuatu yang positif.Maka acara yang seperti ini harus terus digalakkan dan menjadikan contoh bagi para pemuda tanpa melihat per­bedaan agama, suku, dan etnis," tutur Pangdam I/BB.

Husni Mubarakh dari Gerak­an Pemuda Muhammadiyah mengaku senang terhadap sikap Pangdam I/BB yang menanggapi positif rencana kegiatan Kemah Pemuda Ke­bangsaan ini.

Kemah Pemuda Kebangsaan ini adalah usul ketua Pengu­rus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU), KH Said Aqil Siradj dan Ketua Muhammadiyah Din Samsudin Kepada Ephorus HKBP, Pdt WTP Simarmata be­berapa waktu lalu. Para tokoh agama tersebut menginginkan bagimana membangun komu­nikasi bukan hanya di tingkat pemimpin tokoh agama, tetapi melibatkan generasi muda sehingga terbangun kebersa­maan maka kegiatan Kemah Pemuda Kebangsaan ini terba­ngun.(Sugianto), Sumber Koran: Sinar Harapan (24 September 2013/Selasa, Hal. 05)