Rabu, 25 September 2013

TNI Gelar Latihan Operasi_Antisipasi Konflik Komunal di Katim



Selasa, 24 September 2013


SAMARINDA. Mengasah keterampilan personel TNI AD untuk melakukan operasi berkaitan dengan terjadinya konflik komunal atau berkenaan dengan milik rakyat dan umum, Korem 091/ASN menggelar kegiatan latihan posko. Latihan itu bertujuan untuk mengingatkan dan mengajarkan ke seluruh anggota di lingkungan Kodam VI/Mulawarman, tetang cara dan apa langkah yang harus dilakukan jika terjadi konflik.

Latihan tersebut diawali dengan upacara pembukaan latihan Posko-1 Korem 091/ASN, yang dipimpin langsung Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjen TNI Dicky W Usman, di lapangan markas Korem 091/ASN, Senin (23/9) kemarin.

Dalam sambutannya Dicky mengatakan Latihan Posko - I merupakan metode latihan taktis dengan tujuan melatih unsur Komandan dan Staf dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku dalam satu satuan untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan operasi di satuannya.

“Baik operasi dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” kata Dicky.

Ditambahkan Dicky, latihan ini sangat bernilai strategis jika dihadapkan dengan tugas yang diemban oleh Korem 091/ASN sebagai Komando Kewilayahan di daerah. Secara fungsional Korem 091/ASN bertanggung jawab menjamin terpeliharanya situasi yang kondusif, bagi penyelenggaraan pertahanan negara maupun kepentingan pembangunan nasional di Kaltim.

“Untuk melaksanakan tugas tersebut, sangat diperlukan kinerja yang profesional dalam menciptakan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh sehingga pelaksanaan tugas pokok dapat terselenggara dengan  baik,” tutur Dicky.

Terpisah, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambudi mengatakan bahwa latihan Posko I Korem 091/ASN ini akan berlangsung selama 3 hari.

“Adapun tema dari kegiatan ini yakni Korem 091/ASN melaksanakan tugas operasi bantuan TNI kepada Pemda Povinsi Kaltim dalam rangka membantu mengatasi konflik komunal di wilayah Katim khususnya”. (oke)