Jumat, 27 September 2013

Skenario Latihan_BTP 15 Kujang II Berhasil Hancurkan Insurjensi



Sukabumi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim me­ninjau pelaksanaan Latihan Taktis Antar Kecabangan tingkat Brigade yang dilaksanakan oleh Brigif 15 Kujang II Kodam III/ Siliwangi di wilayah Cibenda Kompleks Kabupaten Sukabu­mi, Kamis (26/9).

Latihan Taktis Antar Keca­bangan Brigade Tim Pertem­puran (Latnis Ancab BTP) 15 Kujang II yang telah berlangsung sejak 17 September 2013 dengan sasaran latihan melawan insurjensi telah memasuki fase penyerangan pemukiman (sermukim).

Diskenariokan dalam latihan bahwa daerah Cibenda Kom­pleks yang berada di ujung Se­latan Sukabumi menjadi salah satu basis kelompok separatis "Pasundan Merdeka". Untuk menghancurkan perlawanan insurjensi mereka, maka dilaku­kan sebuah operasi  yang dilaku­kan Brigif 15 Kujang II sebagai pasukan pemukulnya dan didu­kung oleh pasukan yang me­libatkan kekuatan antar keca­bangan dari Satbanpur dan Satbanmin yang ada di jajaran Ko­dam III/Siliwangi.

Melalui sebuah operasi yang dilakukan oleh BTP 15 Kujang II, akhirnya basis perlawanan musuh dapat dihancurkan dan para pemimpin separatis bers­ama dengan pengikut setian­ya dapat ditawan. Masyarakat di wilayah Cibenda Kompleks yang telah terpengaruh untuk memisahkan diri akhirnya sadar dan bertekad untuk kem­bali kepangkuan NKRI.

Pangdam III/Siliwangi mengatakan kegiatan Latihan Taktis seperti yang sedang dilaksanakan BTP 15 Kujang II akan diagenda­kan untuk dilaksanakan setiap tahun. Menurut Pangdam ke­giatan latihan merupakan sarana meningkatkan profesionalitas prajurit dan membangun kesiap­an satuan. "Semakin sering ber­latih, maka akan semakin siap dan professional satuan itu dalam menjalankan tugas operasi," un­gkap Pangdam.

Pangdam juga menyampai­kan bahwa setelah kegiatan latihan antar kecabangan ini di wilayah Cibenda Kompleks akan dilaksanakan reboisasi dengan menanam berbagai tanaman keras sekitar 35.000 pohon diantaranya pohon Jati dan Trem­besi yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2013.

Latnis Ancab BTP 15 Kujang II Kodam III/Siliwangi yang melibatkan 3.772 personel menurut rencana akan berakhir pada 30 September 2013. Turut mendampingi Pangdam pada saat peninjauan anta­ra lain Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Suyatno, Danpuspenerbad Brigjen TNI Afifudin, Paban II Binlat Sopsad, para Asisten dan Kabalak Jajaran Kodam III/Slw serta perwakilan LTK kecabangan dan fungsi Ba­lak. (Pendam III/Slw), Sumber Koran: Pelita (27 September 2013/Jumat, Hal. 12)